40 Orang Warga Binaan Lapas Tuban Dapat Pelatihan Bersertifikat dari BLK

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tuban Kanwil Kemenkumham Jawa Timur akan mendapatkan pelatihan bersertifikat yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban, Selasa (16/05/2023).

Pelatihan ini di buka di Aula Raden Said dan dihadiri oleh Kepala Lapas Tuban Siswarno dan juga Kepala BLK Tuban Takhiyat.

Kepala Lapas Tuban Siswarno dalam sambutannya berpesan agar peserta pelatihan yang telah ditunjuk untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh karena tidak semua WBP mendapat kesempatan yang sama.

“Karena kuotanya hanya 40 orang jadi saya harap kepada semua peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh,” ujar Siswarno.

Siswarno juga menambahkan bahwa para WBP bukanlah orang jahat, mereka hanya salah jalan sehingga sampai saat ini masih berada di lapas.

“Tugas kami adalah memberikan pembinaan sampai mereka bisa kembali ke masyarakat,” imbuhnya.

Sedangakan Kepala BLK Tuban Takhiyat mengungkapkan rasa bangganya karena dapat berperan aktif dalam pembinaan kemandirian terhadap narapidana Lapas Tuban. Dirinya juga berpesan agar warga binaan untuk tidak minder karena berada di Lapas sebenarnya sama dengan sekolah, jangan dianggap sebagai hukuman.

“Silahkan nanti teman-teman mengikuti kegiatan tersebut dengan serius jangan minder, siapa tahu nanti saat bebas sudah bisa buka bengkel sendiri,” tutur Takhiyat.

Rencananya pelatihan tersebut akan diadakan selama 10 hari tujuan WBP Lapas Tuban, mampu memahami tentang kelistrikan dan otomotif.

Selanjutnya mereka akan diberi sertifikat resmi sehingga dapat digunakan untuk mencari kerja setelah bebas nanti.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS