Sejarah Desa Tasikmadu Tuban yang Memiliki Potensi Perkebunan Blimbing 50 Hektare

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Desa Tasikmadu merupakan salah satu desa di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Desa yang dipimpin oleh Surmuji selaku Kepala Desa Tasikmadu memiliki 4 dusun yaitu Dusun Panjunan, Prambatan, Pasekan, dan Dukoh.

Menurut Surmuji (60 tahun) selaku Kepala Desa Tasikmadu menceritakan bahwa sebelum kemerdekaan dahulunya terdapat 2 desa yaitu Desa Panjunan dan Pasikan, kemudian dengan seiring berjalanya waktu akhirnya digabung menjadi 1 desa dengan nama Desa Tasikmadu. 

“Dulu saya juga sempat bersilaturrahmi dengan sesepuh desa yaitu bapak Idris, kemudian diberikan cerita terkait riwayat Desa Tasikmadu,” Ujar Pria 60 tahun tersebut saat diwawancarai, Jumat (12/5/2023).

Menurut cerita rakyat Desa Tasikmadu pada saat dulu di Desa Tasikmadu terdapat pantai yang terdapat banyak pohon kelapa dan siwalan yang kemudian dari pohon tersebut diambil nira atau legen oleh para penderes. 

Kemudian pada saat itu ada sesepuh yang memiliki karomah datang di Desa Panjunan dan hendak ingin dibuatkan gula dari hasil legen. Dikarenakn kedatangan sesepuh akhirnya para penderes cepat-cepat untuk membuatkan gula dan tak butuh waktu lama nira atau legen tersebut sudah menjadi kristal dan menjadi gula.

“Tak hanya itu, jadi dulu setelah nira atau legen yang menetes dari pelepah siwalan itu dia langsung kristal. Tapi kurang tau bahwa sesepuh tersebut merupakan wali atau tidak karena sampai saat ini belum ada sejarah yang tertulis terkait hal itu,” Jelas Surmuji kepada blokTuban.com.

“Kemudian jadilah nama Desa Tasikmadu, di mana tasik berarti pesisir sedangkan madu itu dikarenakan ada penderes nira atau legen itu” imbuhnya.

Di sisi lain Desa Tasikmadu juga memiliki peninggalan bersejarah yaitu adanya Petilasan Mbah Tundung Musuh atau yang dikenal dengan makam Gagar Manik yang saat ini menjadi tempat wisata religi yang berada di pesisir pantai Tasikmadu.

Selain terdapat petilasan Mbah Tundung Musuh Desa Tasikmadu juga terdapat makam Mbah Siti Syari’ah dan Mbah Pasek yang terletak di Desa Pasekan.

Adapun potensi Desa Tasikmadu terbilang cukup potensial. Pasalnya jika dilihat secara geografis Tasikmadu memiliki pantai, tambak, sawah, tanah tegal, hingga pekarangan. 

“Iya jadi potensi dalam bidang maritim dan hasil laut di sini ada, tanaman perkebunan juga ada seperti siwalan dan blimbing madu. Nah blimbing madu ini yang sampai saat ini menjadi ikon dan menjadi produk unggulan desa kami,” paparnya. 

Blimbing madu ini, tambahnya yang bisa kita jadikan ikon karena bisa kita panen setiap saat dan bisa menyerap cukup banyak tenaga kerja dari desa sampai luar desa, itu dikarenakan adanya perkebunan blimbing yang memiliki lahan sekitar 40-50 hektare.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Tasikmadu adalah dari sektor agraris atau pertanian. [Lia/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahanSidorejo, Tuban.