Optimis Tambah Kursi di, DPD Tuban PAN Ajukan 50 Bacaleg

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada hari ke-12 dibukanya pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tuban Partai Amanat Nasional (PAN), akhirnya mendaftarkan nama Bacaleg di Kantor KPU Tuban. 

Dalam pengajuan berkas pendaftaran Bacaleg untuk bisa maju ke Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Partai PAN mendaftarkan 50 Bacaleg dan optimis untuk menambah kursi. 

Ketua Partai PAN Tuban, Mashadi mengatakan jika pengajuan Bacaleg hari ini di KPU Tuban, dilakukan oleh Partai PAN secara serentak diseluruh Indonesia. Dipilihnya hari ke-12 jadwal pengajuan sendiri, yaitu karena menyesuaikan nomor PAN yang berada di angka 12. 

Uniknya, selain memilih hari ke-12, pada saat melakukan pengajuan ke Kantor KPU Tuban, Partai PAN juga memboyong pengurus sebanyak 12 orang, serta dilakukan pada tanggal 12 pula. 

"Kita mendaftarkan 50 Bacaleg yakni secara presentase 36 persen perwakilan perempuan," ungkapnya, Jumat (12/5/2023). 

Adapun dari 50 nama Bacaleg yang telah diajukan tersebut, lanjutnya, rinciannya adalah 18 anggota perempuan. Sementara untuk anggota laki-laki sebanyak 32 orang. 

"Target PAN untuk tahun 2024 sesuai dengan tagline kami yaitu tambah kursi, karena secara tradisional kami baru mendapatkan 3," katanya. 

Untuk menambah jumlah kursi tersebut, maka pada Pemilu kali ini, pihaknya berkomitmen untuk berkonsentrasi di dua Daerah Pemilihan (Dapil). Yaitu Dapil satu yang berada di daerah Tuban, Kerek, Montong dan juga Merakurak. Serta Dapil empat yaitu di daerah Parengan Singgahan, Senori, Bangilan dan juga Kenduruan. 

Dengan begitu, maka kerja serius akan dilakukan oleh Partai PAN Tuban di dua Dapil tersebut, untuk menambah target kursi yang telah diharapkan itu. 

"Dua dapil yang menjadi konsentrasi serius kami untuk menjadi target perolehan kursi, yaitu Dapil satu dan Dapil empat," lanjutnya.

Disamping itu, ia juga menambahkan jika Bacaleg dari Partai PAN, didominasi hampir 70 persen oleh wajah baru. Hal tersebut, dilakukan guna menyesuaikan dengan era perubahan yang begitu cepat. Oleh karena itu, pihaknya mengusung kader-kader muda untuk maju pada Pemilu 2024 mendatang. 

Lebih lanjut, Mashadi menerangkan bahwa setelah tahapan pengajuan Bacaleg ini selesai, maka pihaknya akan fokus untuk mensolidkan para Calon Legislatif PAN. Kemudian barulah mengatur strategi cara agar PAN dapat diterima oleh masyakat. Sebab menurutnya, pemilu dalah milik masyarakat, bukan pemilik modal.

"Pemiliknya ya masyarakat, maka kita akan sentuh hati masyarakat supaya memberikan hak suaranya kepada kita supaya kita bisa menjadi wakil dari mereka," tutupnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS