Gelar Piramida,  Kapolres Tuban Jalin Sinergitas Bersama Wartawan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kepolisian Resor (Polres) Tuban, menggelar kegiatan Piramida bersama dengan seluruh wartawan atau awak media yang ada di Kabupaten Tuban, guna bersilaturahmi dan perkenalan Kapolres baru, AKBP Suryono, yang bertempat di Aula Joglo Polres Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Suryono meminta dukungan dan support kepada seluruh awak media yang hadir. Menurutnya, hubungan antara Polres dan juga wartawan sudah terbetuk dari dulu, sehinngga ia berharap agar hubungan tersebut dapat lebih erat lagi ke depannya. Jumat (12/5/2023).

“Saya memahami bahwa rekan-rekan wartawan ini mencari berita pasti ada hubungannya dengan kita. Oleh Karenna itu, saya berpesan kepada seluruh Kasat semuanya ketika dimintai keterangan, harus dijelaskan supaya tidak terjadi kekeliruan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban serta Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) juga meminta kepada Kapolres Tuban yang baru, untuk dapat menjalin hubungan serta sinergitas yang baik, dengan seluruh wartawan di Kabupaten Tuban.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi. Menurutnya, tugas dari wartawan adalah mencari berita dan narasumber. Sehingga, apabila berita tersebut ada kaitannya dengan Polres Tuban, maka sebaiknya narasumber dapat memberikan informasi yang seusai.

“Tugas wartawan adalah mencari berita, kadang tidak kenal waktu jika terjadi sebuah peristiwa, dan kita butuh konfirmasi kepada Kapolres Tuban. Maka sudah wajar apabila para wartawan menghubungi Kapolres untuk meminta informasi,” katanya.

Disamping itu, Suwandi juga memberikan dukungan kepada Kapolres Tuban untuk menjalankan seluruh programnya. Salah satunya ialah program yang telah dijalankan sebelumnya, saat berada di Polres Madiun.

Diantaranya yaitu, memberikan sanksi kepada oknum polisi yang nakal atau melakukan pelanggaran, dengan memasukkannya ke dalam Pondok Pesantren.

“Program-program itu patut dilakukan juga di Polres-polres lain, termasuk di Polres Tuban. Mudah-mudahan apa sudah dilakukan di Polres sebelumnya yang baik-baik bisa diterapkan disini,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika di Kabupaten Tuban sudah banyak wartawan yang resmi, sehingga lebih tertib dan terorganisir jika dibandingkan dengan kabupaten lain. Oleh karena itu, ia berharap agar silaturahmi yang dilakukan oleh Polres Tuban bersama wartawan, tidak hanya berhenti disini saja, akan tetapi bisa terjalin sampai kapanpun.

Senada, Ketua RPS, Khoirul Huda menambahkan bahwa sampai saat ini di Kabupaten Tuban sudah ada tiga organisasi resmi, yang mewadahi wartawan. Diantaranya yaitu PWI, RPS dan juga IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).

“Kalau di Kabupaten Tuban wartawan itu sudah terorganisir, artinya ada komunitasnya dan di Tuban ini insyaallah sudah ada tiga organisasi resmi, yang mewadahi wartawan,”ujarya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS