Pendaftaran Bacaleg di Tuban Masih Sepi Peminat, KPU Ungkap Penyebabnya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Memasuki hari ke-9 dibukanya pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Tuban, yang dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak (1/5/2023) lalu masih sepi peminat.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengatakan pada hari ke-9 pendaftaran Bacaleg, masih belum ada Partai Politik (Parpol) yang mendaftar di Kantor KPU Kabupaten Tuban.

“Sampai saat ini memang belum ada Parpol peserta Pemilu (Pemilihan Umum) 2024, yang mengajukan bakal calon DPRD nya,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, belum adanya Parpol yang mendaftarkan Bacaleg ke KPU Tuban disinyalir lantaran masih mengurus atau melengkapi berkas-berkas persyaratan yang akan diajukan.

Pasalnya diketahui, ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi oleh Bacaleg, seperti yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023, tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan juga Kabupaten/ Kota.

Kendati demikian, Fatkul sapaan akrabnya mengungkapkan jika sudah ada beberapa Parpol yang mengkonfirmasi, akan datang ke Kantor KPU Tuban, untuk mendaftarkan masing-masing Bacaleg.

“Insyaallah besok sudah ada beberapa yang konfirmasi akan datang, kemungkinan saat ini mereka masih harus melengkapi berkas-berkas syarat bakal calon mereka,” sambungnya.

Senada, Kominisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Zakiyatul Munawaroh juga menambahkan bahwa hingga kini belum ada satupun Parpol di Kabupaten Tuban, yang mendaftarkan Bacaleg ke Kantor KPU Tuban, yang berada di Jalan Pramuka Nomor 3, Kabupaten Tuban.

Namun menurutnya, sudah ada sejumlah Parpol yang akan mendatangi Kantor KPU. Diantaranya ialah dari Parpol Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Buruh, Partai Ummat, dan juga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Besok yang sudah konfirmasi adalah Partai Nasdem, Buruh, Ummat dan PKB,” jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini mengaku jika pihaknya akan menyambut kedatangan sejumlah Parpol tersebut, sesuai jadwal pelayanan pendaftaran yaitu mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS