Baru 90 Persen CJH di Tuban Lunasi BIPIH, Ternyata Ini Alasannya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Waktu pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) 2023, bagi Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban, yang semula berakhir pada (5/5/2023) kemarin, diperpanjang hingga (12/5/2023) mendatang.

Hal tersebut, tentu menjadi angin segar bagi CJH karena mendapatkan kesempatan, untuk melakukan pelunasan biaya haji, yang sebelumnya terkendala oleh beberapa hal.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin mengungkapkan hingga (5/5/2023) kemarin, baru ada 90 persen CJH yang melunasi BIPIH.

 “Sampai Tanggal 5 Mei 2023, CJH di Tuban yang melunasi biaya haji prosentasenya baru 90 persen,” ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/5/2023).

Artinya, dari 1.158 kuota jemaah haji di Kabupaten Tuban, baru ada 1.037 jemaah yang melunasi BIPIH. Perinciannya ialah 947 jemaah reguler dan lanjut usia (lansia), sementara 90 orang lainnya ialah jemaah cadangan.

Menurut Ashabul, sapaan akrabnya alasan yang diberikan oleh CJH yang belum melunasi BIPIH tersebut, rata-rata adalah karena ingin menunda keberangkatan untuk terbang ke tanah suci, dengan berbagai alasan.

“Alasannya ingin menunda keberangkatan karena ingin mendampingi orang tua atau istri-suami,” jelasnya.

Kendati demikian, pria berkacamata ini menjelaskan jika terdapat perpanjangan pelunasan BIPIH bagi CJH, yaitu hingga tiga hari mendatang. Selain itu, ia menambahkan pada tahun 2023 ini, Kabupaten Tuban mendapatkan kuota cadangan tambahan, sebanyak 78 jemaah.

Oleh karena itu, lanjutnya, bagi CJH yang belum melunasi BIPIH hingga (12/5/2023) mendatang, maka akan diganti nomor porsi berikutnya dari kuota cadangan. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS