Persaingan Ketat, Hanya 10 Wakil Indonesia Lolos ke Final IFSC World Cup 2023 Jakarta

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sepuluh putra dan putri wakil Indonesia berhasil lolos di babak kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup 2023 Jakarta. 

Hasil ini melampaui target dari ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid. Sebelumnya Yenny mengharapkan ada 4 wakil putra dan 3 putri yang lolos ke final. 

"Target realistisnya ada 4 atlet putra dan 3 atlet putri yang melaju ke final," Kata Yenny kepada media dilansir dari Sportstars, Minggu (7/5/2023). 

Wakil Indonesia putra yang dipastikan lolos ke final adalah Kiriman Katibin: 5,03 & 5,11, Veddriq Leonardo: 5,09, Rahmad Adi Mulyono: 5,14, Raharjati Nursamsa: 5,18, dan Zainal Arifin: 5,24, Aspar: 5,33. 

Sedang wakil putri yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi: 6,65 & 7,24, Rajiah Sallsabillah: 6,92 & 7,01, dan Narda Mutia Amanda: 7,30 & Fall. 

Selama babak kualifikasi, Kiromal Katibin keluar jadi yang tercepat meskipun kondisinya kurang fit. Dia sukses mencatatkan waktu terbaik di angka 5,03 detik dalam percobaan pertamanya. 

Sementara Veddriq Leonardo mengamankan tempat kedua. Sebagai juara bertahan dan pemegang rekor dunia nomor speed, dia mencatatkan waktu 5,09 detik di percobaan pertamanya. Tempat ke empat diamankan Rahmad Adi Mulyono dan tempat keenam Raharjati Nursamsa. 

Zainal Aripin dan Aspar Jaelolo juga melakukan ke final mengamankan urutan kesembilan dan 15. Di sektor putri, Desak mengamankan urutan kedua. Panjat asal Bali itu kalah dari wakil Polandia, Alexandera Miroslaw yang jadi tercepat dengan waktu 6,36 detik. 

Posisi keenam sukses diamankan oleh Rajiah Sallsabillah, urutan kesembilan ada Nurul Iqomah dan urutan 11 diraih Narda Murti Amanda. 

Sebelumnya, dari 23 wakil Indonesia di ajang IFSC World Cup 2023 Jakarta salah satunya berasal dari Kabupaten Tuban, Jatim, Eka Dian Krismawati. Jatim sendiri mengirimkan tiga atlet panjat tebing terbaiknya untuk memperkuat tim Indonesia di ajang tersebut. [Ali/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS