Sempat Melambung, Harga Daging Sapi di Tuban Kembali Stabil

Reporter - Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Harga Daging sapi di Kabupaten Tuban kembali normal pasca perayaan Hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Terpantau, saat ini harga sapi di pasaran mencapai Rp110 ribu per kilogramnya. 

Salah seorang penjual daging sapi di kawasan Pasar Baru Tuban, yang terletak di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Eko mengatakan jika saat ini harga sapi sudah normal. 

Padahal, menjelang Lebaran 2023 kemarin harga daging sapi kualitas premium di pasaran mencapai kurang lebih Rp140 ribu per kilogram. 

"Harganya sekarang normal Rp110 ribu sampai Rp120 ribu, walaupun Lebaran kemarin juga nggak begitu naik mbak karena keadaan pasar memang sepi," paparnya kepada blokTuban.com saat temui di lapak jualannya. 

Kendati demikian, perempuan yang tinggal di Jalan Basuki Rahmad, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban ini mengaku jika tidak mengatahui faktor sepinya permintaan pasar akhir-akhir ini.

Pasalnya, sepinya pembeli bukan dilatar belakangi adanya wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK), karena kondisi daging dan hewan yang disembelih selalu dilakukan pemeriksaan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, sehingga kualitas aman. 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini menambahkan setiap harinya, saat ini ia bisa menjual hingga 1,5 kwintal. Padahal, sebelumnya ia bisa menjual kurang lebih 2 kwintal lebih dalam sehari. 

"Setiap hari memotong satu sapi, kalau nggak habis di kulkas dan besoknya dijual lagi, yang pasti setiap hari potong sapi," katanya. 

Sementara salah satu pembeli, Umayah mengungkapkan senang karena harga sapi di pasaran pada Lebaran Tahun 2023 ini tidak mengalami pelonjakan yang signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, dengan begitu ia bisa tidak khawatir lantaran setiap harinya harus menjual bakso sapi. 

"Saya jualan bakso mbak, jadi kalau harga daging mahal saya itu sedih. Ini kok Alhamdulillah tidak begitu banyak naiknya, padahal kalau biasanya Lebaran itu naiknya banyak," pungkasnya. 

Dengan demikian, Umayah berharap untuk ke depannya harga daging sapi di pasaran tetap normal, sehingga usahanya tetap berjalan dengan lancar tanpa memikirkan harga daging sapi yang melambung. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS