Akan Ada Penampakan Gerhana Bulan Panumbara di Tuban, Catat Waktu dan Tanggal Terjadinya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Gerhana Bulan Panumbara diprediksi akan terjadi pada Bulan Mei 2023 ini, tepatnya 5-6 Mei 2023 mendatang. Gerhana Bulan Panumbara ini sendiri merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan jika fase Gerhana Bulan Panumbara akan dimulai pada pukul 22.12 WIB. 

Dimana, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 00.22 WIB dan berakhir pada pukul 02.33 WIB. Artinya, durasi terjadinya Gerhana Bulan kurang lebih adalah 4 jam 21 menit. 

"Fase Gerhana mulai pukul 22.12.09 WIB, Fase gerhana puncak pada pukul 00.22.52 dan Fase gerhana berakhir 02.33.36 WIB," ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Rabu (3/5/2023). 

Adapun keberadaan Gerhana Bulan Panumbara ini, akan terlihat di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah di Kabupaten Tuban. 

Bahkan, tidak hanya dapat disaksikan di Indonesia saja, fenomena terjadinya Gerhana Bulan Panumbara ini, juga dapat dilihat dibeberapa negara lainnya. Seperti halnya sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, hingga sebagian Rusia. 

"Seluruh proses gerhana dapat dilihat di

sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS