Peringati Hardiknas, Pemkab Tuban Gelar Upacara Bendera

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVII dan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar upacara bendera bertempat di Alun-alun Kota Tuban, yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, Sekretaris Daerah Budi Wiyana, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tuban, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tuban, Pengawas, Penilik, dan Kepala Sekolah SD/SMP Se-Kabupaten Tuban. Serta dimeriahkan oleh pertunjukan Tari Pelajar Pancasila dan Wulang Sunu yang dibawakan 1.698 pelajar dari 566 lembaga pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan jika Pemkab Tuban saat ini berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan pendidikan bagi seluruh masyarakat, dengan melakukan berbagai program dan juga kebijakan.

"Dalam waktu dekat Bulan Juni-Juli 2023 tahun ajaran baru akan dibuka, maka itu akan menjadi konsentrasi kita bersama. Khususnya di dunia pendidikan di Kabupaten Tuban," ujarnya saat ditemui usai Upacara Bendera, Selasa (2/5/2023). 

Disamping itu, lanjutnya, Pemkab Tuban saat ibu akan berfokus untuk meminimalkan angka anak putus sekolah. Oleh karena itu, Pemkab Tuban akan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa, Kecamatan, tenaga pendidik dalam pendataan jumlah siswa yang lulus dan melanjutkan pendidikan. 

Selanjutnya, Pemkab Tuban juga akan memberikan pembinaan ataupun pemahaman kepada orang tua agar dapat memberikan motivasi kepada anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Kalau ada keluarga yang tidak mampu dan terancam putus sekolah akan kita berikan beasiswa, bahkan kita akan mempermudah akses-akses ke Perguruan Tinggi maupun sekolah-sekolah setingkat atau satu tingkat di atas," katanya. 

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini juga menambahkan bahwa nantinya Pemkab Tuban akan melakukan sistem zonasi sekolah, hal ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh sekolah di Kabupaten Tuban dapat memperoleh peserta didik baru dan memenuhi standar. Dengan begitu, maka tidak ada lagi sekolah yang ditutup atau di marger dengan sekolah lainnya. 

Oleh karena itu, Mas Lindra sapaan akrabnya berpesan kepada seluruh pelajar di Kabupaten Tuban untuk terus semangat dalam meningkatkan prestasi. Pasalnya, prestasi yang ditorehkan tersebut dapat menjadi bekal untuk menyambut pengembangan Kabupaten Tuban di masa yang akan depan. 

"Saya terimakasih kepada adik-adik yang terus berkreasi dan berprestasi, saya berharap ini adalah modal kuat untuk Kabupaten Tuban untuk memiliki SDM yang unggul. Kami dari Pemerintah Daerah akan terus memberikan wadah seluas-luasnya, kepada siswa-siswi untuk berkreasi dan berprestasi," katanya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS