Libur Lebaran 2023, Wisata Sendang Asmoro Tuban Diserbu Wisatawan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada momentum libur sekolah Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023, berbagai destinasi wisata di Kabupaten Tuban diserbu oleh para wisatawan, baik lokal maupun luar kabupaten. 

Lonjakan pengunjung yang terjadi sejak Minggu (23/4/2023) lalu, turut dirasakan oleh Wisata Sendang Asmoro tanah terletak di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Bahkan, setiap harinya, wisata yang dikelola oleh desa tersebut dikunjungi oleh ratusan wisatawan dari berbagai daerah. 

Kepada blokTuban.com, Kepala Desa (Kades) Ngino, Wawan Hariyadi mengungkapkan jika secara umum, wisata yang menyuguhkan Sendang dengan air jernih berwarna hijau tersebut saat ini meningkat signifikan, jika dibandingkan pada hari-hari biasanya. 

baca juga: Yuk Intip Oleh-oleh Unik Khas Tuban dari Olahan Laut

"Alhamdulillah, saat ini secara umum mengalami peningkatan mbak jika dibandingkan dengan masa sebelum libur Lebaran," paparnya, Minggu (30/4/2023). 

Menurutnya, pada Libur Lebaran 2023 ini pengunjung kurang lebih bisa mencapai 1000 orang, yang didominasi oleh orang dewasa. Padahal, pada hari-hari aktif biasanya pengunjung rata-rata hanya berkisar 50 orang. 

Sementara pada hari wekeend atau hari Sabtu dan Minggu, pengunjung yang datang kurang lebih sekitar 100 orang.

"Lonjakan mulai Hari Sabtu lalu ada 100 orang, Hari Minggu kemarin pengunjung ada sekitar 816 orang, hari Seninnya ada 1.168 pengunjung, yaitu Dewasa 849 orang dan anak-anak 319 orang," bebernya. 

Kendati pada momentum Libur Lebaran ini pengunjung membludak, namun wisata yang menjadi icon Desa Ngino ini tidak mengalami perubahan tiket masuk. Pasalnya, sampai saat ini pengunjung hanya tiket masuk sebesar Rp12 ribu untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak ditarik Rp7 ribu saja. 

baca juga: Momentum Libur Lebaran, Wisata Pantai Cemara Tuban Disesaki Pengunjung

Lebih lanjut, pada libur panjang saat ini, Wawan sapaan akrabnya mengaku jika tahun ini pihaknya melakukan sejumlah perombakan tempat, yang digunakan sebagai Wahana Rumah Satwa. Sebab, selain menyuguhkan keindahan danau dengan rindangnya pepohonan, wisata satu ini juga menyajikan taman yang sangat instagramable, yang biasa dikenal sebagai taman rimba. 

"tahun ini wahana rumah satwa seperti monyet, musang, ayam mutiara, dan lainnya kita pindahkan ke taman rimba, selain itu mobil anak-anak juga kita pindahkan kesana," sambungnya.

Untuk diketahui, ada banyak fasilitas ataupun wahana yang dapat dikunjungi di Wisata Sendang Asmoro, seperti halnya kolam renang, caffe, taman baca, ATV, sepeda air, flying fox, mini trail, rumah Hobbit, hingga wahana berkuda. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS