Resep Rahasia Bawang Goreng Awet Kriuk dan Gurih

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membuat bawang goreng yang kriuknya awet rupanya mudah-mudah susah ya. Yuk simak ulasan berikut ini.

Salah satu yang harus diperhatikan tentu memilih bawang merah terbaik. 

Bawang merah terbaik untuk membuat bawang goreng berasal dari Kecamatan Rubaru, Sumenep, Jawa Timur yang sering disebut bawang merah sumenep.

Selain itu bawang merah yang terkenal denga varietas bagus yakni bawang merah bima dari Brebes. 

 

Bahan:

500 gram bawang merah

1 sendok makan garam

1 sendok makan cuka

2 gelas air

Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat:

1) Kupas seluruh bawang merah yang sudah disiapkan dulu. Pastikan bahwa dua hingga tiga lapis dari bagian luas bawang merah sudah dikupas.

2) Setelah itu, iris tipis-tipis semua bawang merahnya dengan cara manual atau menggunakan alat chopper. Sisihkan dulu.

3) Selanjutnya, siapkan wadah baskom, lalu masukkan air, garam, dan cuka. Aduk merata. Setelah itu, masukkan semua irisan bawang ke dalam wadah dan pastikan semuanya terendam air. Jika masih ada yang belum terendam, tambahkan airnya lagi secukupnya.

4) Rendam dan biarkan sekitar 20 menit agar airnya meresap ke dalam bawang merah. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng bawang merah. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan semua bawang merah ke dalam wajan.

5) Goreng dengan api sedang saja. Jangan lupa membolak-balikkannya agar matangnya sempurna dan tidak gosong. 6) Setelah berwarna kuning kecoklatan, segera angkat dan tiriskan.

7) Siapkan piring datar berukuran besar yang sudah dilapisi tisu diatasnya. Lalu, tuangkan bawang merah goreng yang sudah matang diatasnya. Ratakan agar cepat mendingin dan minyaknya hilang.

8) Anda bisa mencicipinya sedikit untuk memastikan bawang merah goreng tersebut benar-benar renyah saat dimakan. Siapkan juga toples ukuran sedang untuk menyimpan bawang merah goreng tersebut dalam jangka waktu lama. Asalkan toplesnya ditutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS