Cicipi Mie Pangsit Patin Buah Melon

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Mie menjadi menu makanan yang digemari semua kalangan. Setiap tahunnya, inovasi mie dengan beragam tampilan terus bermunculan. Praktis hal ini dapat menggugah selera makan seseorang. 

Kali ini, muncul inovasi Mie Paralon. Mie ini hanya dapat ditemukan di Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Mie hasil kreasi ibu-ibu ini memiliki nama asli cukup panjang, yaitu mie pangsit patin buah melon. Agar mudah diingat akhirnya disingkat menjadi mie paralon. 

Salah satu kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kecamatan Sumberrejo yang ikut melakukan proses inovasi Mie Paralon, Siti Muzayanah mengatakan olahan Mie Paralon ini diciptakan terinspirasi dari Mie Gacoan yang saat ini menjadi favorit masyarakat khusunya anak muda bahkan pembelianya hingga antri mengular.

“Karena di Kecamatan Sumberrejo khususnya bagian selatan banyak petani yang menanam buah melon, jadi saya kreasikan dan padupadankan dengan bahan lain sehingga menjadi mie,” jelasnya, Jumat (28/4/2023)

Sementara untuk ikan patin, menurut dia juga banyak ditemui di daerahnya. Bahkan warga sekeliling rumahnya banyak yang membudidayakan di kolam belakang rumahnya. Jadi semua bahan-bahan memang dari bahan yang sering ditemukan Sumberrejo.

“Kita pilih ikan patin juga karena bagus untuk gizi balita,” ucapnya dikutip dari Kominfo Jatim, Sabtu (29/4/2023). 

Mie inovasi hasil kreasi ibu- ibu dari kecamatan Sumberrejo - Mie Pangsit Patin Buah Melon (Mie Paralon) telah memenangi lomba memasak yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (27/4/2023) kemarin,  merupakan kuliner khas Bojonegoro yang rasanya lezat serta sehat. 

Inovasi Mie Paralon ini mendapat perhatian khusus Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah  dan dipilih sebagi juara umum lomba memasak. Bupati Ana berpesan Kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar terus memperhatikan dan untuk dibudidayakan agar menjadi potensi wisata lokal. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS