Libur Lebaran 2023, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Tuban Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kabupatenn Tuban merupakan salah satu daerah di Jawa Timur, yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebab, dengan berkunjung ke Kabupaten Tuban, kalia bisa menikmati keindahan wisata alam yang masih sangat alami dan asri.

Pasalnya, selain dikenal dengan kota seribu goa, Bumi Wali Tuban juga memiliki segudang kekayaan alam lainnya. Mulai dari pantai, bukit, sendang, hingga air terjun. Minggu (23/4/2023).

Kendati wisata di Kabupaten Tuban berbasis alam, namun sudah banyak destinasi wisata yang dikelola oleh penduduk setempat, sehingga akses jalannya pun sangat mudah untuk dilalui.

Penasaran dengan keindahan tempat pariwisata di Kabupaten Tuban seperti apa? Berikut rekomendasi tempat wisata yang popular dan menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran 2023 ini.

1. Pantai Remen

Pantai Remen merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Tuban yang sangat bagus dan popular dikalangan masyarakat, lantaran menawarkan pesona pantai pasir putih di jalu pantai utara, tepatnya di Desa Remen, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Salah seorang Pengelola Pantai Remen, Mansur mengatakan jika pengunjung yang datang ke tempat ini rata-rata mencapai ratusan hingga ribuan orang. Pasalnya, selain menyuguhkan panorama pantai yang indah, tiket masuknnya gratis dan hanya ditarik karcis parkir saja sebesar Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua, sementara untuk mobil ditarik Rp15 ribu.

“Disini bukan menarik tiket untuk per orang, tapi per kendaraan. Kalau untuk motor Rp5 ribu, kalau mobil Rp15 ribu, bus besar Rp100 ribu, bus kecil Rp50 ribu, tapi kalau elf Rp25 ribu,” katanya.

2. Pantai Sumur Pawon

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik di Kabupaten Tuban ialah Pantai Sumur Pawon. Keberadaan tempat ini tidak jauh dari Pantai Remen, yaitu berada di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Tempatnya yang belum banyak diketahui oleh orang, membuat pantai ini masih sangat asri dan juga alami. Selain keindahan pasirnya yang berwarna putih, batu-batu karang yang berada di bibir pantai juga menambah keeksotisan tempat tersebut.

Juru Kunci Wisata Sumur Pawon, Tarso mengungkapkan bahwa pengunjung hanya dikenakan parkir kendaraan saja, dengan biaya Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

“Wisata ini dibuka mulai Tahun 2021 awal, dulunya ini memang tidak terawat karena banyak tanaman yang bergerombol. Tapi, karena mau dibuat wisata akhirnya dibersihkan semua oleh karang taruna dan masyarakat,” jelasnya.

3. Wisata Sendang Silowo

Selain memiliki wisata pantai yang menakjubkan, Kabupaten Tuban juga memiliki wisata alam lainnya, yaitu Wisata Sendang Silowo, yang terletak di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini, menyuguhkan hamparan sungai yang sangat indah dengan dikelilingi oleh pohon sagu dikiri dan kanan sungai. Jika dilihat sekilas, wisata ini seperti berada di luar pulau jawa. 

Bagi penjunjung yang datang, juga disediakan perahu kano, perahu mesin dan juga pelampung, yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai dengan jarak tempuh kurang lebih 150 hingga 200 meter.

“Harga tiket masuknnya Rp4 ribu, naik perahu kano Rp10 ribu dan unntuk perahu mesinnya Rp5 ribu per orang,” ungkap Ketua Pokdarwis Mandirejo, Maliki.

4. Wisata Pelang

Destinasi wisata lain yang tak kalah menakjubkan di Kabupaten Tuban ialah Wisata Pelang, yang menyuguhkan pemandangan sungai yang diisi oleh ratusan hingga ribuan ikan emas di dalamnya. Sehingga, selain menikmati pemandagan yang dikelilingi rindangnya pohon sagu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi asyik memberi makan ribuan ikan mas, di sumber mata air secara langsung.

Wakil Ketua Pokdarwis Pelang, Hasan menjelaskan bahwa wisata yang terletak di Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan oleh warga setempat, yang memiliki kesadaran akan potensi yang dimiliki oleh desanya tersebut.

“Tiket masuknya sendiri untuk anak-anak Rp3 ribu dan Rp5 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk parkir ditarik Rp2 ribu,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS