Tradisi  Jamaah Muhammadiyah di Tuban Makan Bersama Keluarga Usai Sholat Ied Idul Fitri

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Tradisi makan bareng usai Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah, yang terus di jalankan dan terjaga bagi para pengikut jamaah Muhammadiah di Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Diketahui  para pengikut jamaah Muhammadiyah telah melaksanakan salat Idul Fitri 1444 Hijriyah pada hari ini yaitu Jumat (21/04/2023), setelah mereka menjalankan ibadah puasa, untuk luangkan suka cita mereka memiliki caranya sendiri, dengan melaksanakan kegiatan makan bersama orang terdekat.

Menurut warga sekitar Zubaidi kegiatan makan bersama usai Sholat Idul Fitri, sudah ada sejak dulu bahkan ia tak tahu mulai kapan tradisi ini di laksanakan.

“Tradisi ini sudah dijalankan sejak dulu mas,” ujar Zubaidi  kepada blokTuban.com, Jumat (21/04/2023).

Untuk menu yang dihidangkan sebenarnya tak ada menu khusus, karena perkumpulan ini sebagai ajang mempererat kebersamaan.

Selain sebagai ajang mempererat kebersamaan bersama keluarga baik keluarga yang dekat atau keluarga yang baru datang dari rantau.  Juga sebagai ajang untuk saling maaf memaafkan atas salah perbuatan yang telah di perbuat.

“Kegiatan ini  sebagai ajang untuk lebih mempererat kebersamaan, serta sebagai ajang untuk saling maaf memaafkan,” imbuhnya.

Biasanya setiap keluarga akan mengadakan kegiatan ini dengan keluarga besarnya, dan biasanya kegiatan ini akan dilaksanakan di rumah saudara tertua atau orang tua yang paling dihormati dalam keluarga.

Zubaidi menambahkan bahwa Ramadan tahun ini berbeda dengan Ramadan 2 hingga 3 tahun kemarin, sebab saat ini mereka bisa berkegiatan dengan lebih tenang usai pandemi covid 19.

Karena sebelumnya ketika masih ada pandemi banyak keluarga jauh yang tidak bisa mudik serta adanya larangan mengadakan kegiatan berkerumun.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS