Jelang Salat Ied Idul Fitri, Begini Persiapan Yang dilakukan Pengurus Masjid Agung Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang dilaksakannya ibadah Salat Ied atau Salat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah bersama, yang akan digelar Sabtu (22/4/2023) mendatang. Pengurus Masjid Agung Tuban mulai melakukan berbagai persiapan.

Kepada blokTuban.com, Pengurus Sekretariat Masjid Agung Tuban, Uswandi mengatakan jika saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, baik dari segi keamanan, kebersihan, maupun tempat yang digunakan untuk beribadah.

“Persiapan yang kami lakukan saat ini diantaranya meliputi kebersihan, keamanan dan juga tempat,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (21/4/2023).

Adapun keamanan yang dikerahkan untuk mengawal jalannya kegiatan, pihaknya melibatkan anggota dari Kepolisian Sektor (Polsek) Tuban, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP),  serta anggota dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban.

Sementara dari segi tempat, dilakukan oleh Pengurus Masjid Agung Tuban sama seperti tahun-tahun lalu dengan menutup beberapa tempat, yaitu di Jalan Sunan Bonang dan Alun-alun Kota Tuban.

“Kami akan menutup Jalan Sunan Bonang dan Alun-alun, untuk shaf putri tetap berada di sisi kiri masjid, dan juga ada penambahan sound sistem (audio),” jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang sudah menjabat sebagai pengurus sektretariat masjid selama satu tahun ini, menambahkan pada Salat Ied tahun ini akan dipimpin oleh KH. Najih Maemon yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

“Untuk protokol kesehatan tahun ini sudah biasa (tidak seketat tahun-tahun sebelumnya), tapi masyarakat harus tetap menjaga,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS