Ada 67.199 Jemaah Haji Lansia di 2023, Beresiko Tinggi Ditandai Gelang

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tantangan berat penyelenggaraan tahun ini adalah bertambahnya jumlah jemaah haji lanjut usia (lansia), yaitu sebanyak 67.199 orang (33,05%). Kita ketahui bahwa jemaah haji lansia memiliki kebutuhan khusus dalam mendapatkan pelayanan kesehatan karena jamaah lansia umumnya memiliki penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan sebagainya.

Selanjutnya jemaah lansia selain memiliki kebutuhan khusus dalam mendapatkan pelayanan kesehatan juga membutuhkan dukungan emosional dan perhatian khusus dalam menjalankan ibadah haji.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Liliek Marhaendro Susilo, Ak M.M dalam pembukaan Bimbingan Teknis (bimtek) Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi (PPIH) Arab Saudi, telah mempersiapkan jemaah haji terutama jemaah lansia agar sehat selama menjalani rangkaian ibadah haji melalui pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji, vaksinasi COVID-19 dan vaksinasi meningitis, serta menyiapkan gelang penanda bagi jemaah risiko tinggi.

Selain itu, Kementerian Kesehaan juga telah melaksanakan pelatihan kompetensi bagi petugas kesehatan haji agar terwujudnya peningkatan kapasitas petugas sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi jamaah haji lansia di tahun 2023.

"Saya memahami bahwa memberikan pelayanan yang ramah lansia itu tidak mudah. Oleh karena itu, diperlukan kerja keras, kesabaran, dan kerjasama antar petugas haji," ujar Kapus Liliek dikutip dari laman resmi Kemenkes, Minggu (16/4/2023). 

Seluruh petugas untuk berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan haji yang ramah lansia dan memberikan pengalaman ibadah haji yang lebih bermakna bagi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Berbeda dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun sebelumnya sebagai dampak dari pandemi COVID-19, penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023 dibuka dengan jumlah kuota yang normal dan tanpa adanya pembatasan usia jemaah haji.

Tentu saja hal ini merupakan berita baik bagi seluruh jemaah haji yang telah menunggu untuk segera diberangkatkan, terutama bagi jemaah haji yang berusia di atas 65 tahun yang telah melunasi tetapi tertunda keberangkatannya Namun juga memberikan tantangan yang berat bagi penyelenggara ibadah haji. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS