Kisah Sukses Produksi Kacang Bawang Saat Pandemi, Wanita di Tuban Pasarkan Produknya Hingga Luar Jawa

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Hendak mencari cemilan di hari raya Idul Fitri mungkin olahan Kacang Bawang Fairus FAF bisa menjadi solusinya.

Kacang Bawang Fairus FAF sendiri merupakan sebuah olahan kacang yang di produksi di rumah Yuli Melinda (53) warga Perumahan Siwalan Permai Desa Kembangbilo Kecamatan/ Kabupaten Tuban.

Menurut Yuli Melinda owner usaha rumahan ini mengatakan, bahwa yang membedakan olahan ini yaitu karena kelembutan dan gurihnya kacang.

“Yang membedakan, kacang kami tidak alot alias lembut, dan gurih,” ujar Yuli Melinda (53) kepada blokTuban.com, Rabu (12/04/2023).

baca juga:

Manfaatkan Potensi Alam, Ibu Rumah Tangga di Tuban Sukses Kembangkan Usaha Tepung Sagu

Bahkan dari kelezatan kacang bawang miliknya, saat ini ia sudah memasarkan ke luar Jawa seperti Batam Provinsi Riau dan Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.

Wanita yang akrab disapa linda ini menambahkan  bahwa awal mula Ia terpikir untuk berjualan kacang bawang yaitu dikarenakan saat itu pandemi covid-19, ia bingung ingin berkegiatan apa yang bisa mendapatkan income.

Setelah berpikir panjang, akhirnya ia menemukan sebuah ide yaitu berjualan kacang bawang, dan saat itu ia memasarkan produknya dengan cara menitipkan kacang olanya di toko-toko dekat rumahnya.

“Awal pemasaran saat itu saya titipkan di warung atau toko-toko dekat rumah saya,” imbuhnya.

Namun karena rasanya yang enak, menjadikan banyak orang yang tertarik untuk memesan kacang kepadanya, bahkan saat ini dalam  satu bulan Linda bisa kirim sekitar 20 kilo kacang ke luar Jawa.

baca juga:

Cerita Sri Kayatin, Pengusaha Kerupuk dan Rengginang yang Berhasil Tembus Pasar Modern

Untuk harga kacang sendiri terbilang cukup ramah di kantong jika mengetahui enaknya kacang ini. Untuk satu kilogram kacang ia bandrol dengan harga Rp60.000 sedangkan setengah kilo ia jual dengan harga Rp30.000.

Dan menurutnya yang membedakan Kenapa kacang miliknya bisa lebih gurih dan lembut karena ada beberapa proses yang tidak dilakukan penjual kacang lain saat mengolah kacang. Selain itu bahan yang dipakai juga merupakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

Bagi kalian yang ingin membeli Kacang Bawang Fairus FAF ini, sebagai kudapan di meja saat hari raya Idul Fitri bisa menghubungi nomor WhatsApp 082244914275 atau bisa datang langsung ke rumah Linda. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS