Mengenal Berbagai Tanda Waqaf Dalam Al-Qur'an dan Pengertiannya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Bagi umat Islam mengenal tanda berhenti atau waqaf ketika  membaca Al-Qur'an penting untuk diketahui dan dipraktikkan. 

Selain mengenal huruf hijaiyah, mengenali tanda berhenti atau waqaf dalam belajar ilmu tajwid penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Belajar Mengenal Tanda Baca Al-Qur'an dan Huruf Hijaiyah Lengkap

Waqaf secara istilah berarti menghentikan bacaan sejenak dengan memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernapas dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaan.

Berikut ini dikutip dari Kiat Jitu Hafal Al-Qur'an Hanya 2 Tahun dengan Metode 20 Hari 1 Juz oleh El-Hosniah, berikut adalah ke-14 tanda berhenti dalam Alquran yang bisa dipahami.

1. Tanda Mim (Ù…). Tanda ini sering pula disebut Waqaf Lazim, yaitu berhenti di akhir kalimat sempurna.

2. Tanda Tho (Ø·). Tanda ini adalah tanda Waqaf Mutlaq dan harus berhenti.

3. Tanda Jim (ج). Tanda ini disebut juga Waqaf Jaiz. Apabila bertemu dengan waqaf jenis ini, Anda diperbolehkan tidak berhenti. Akan tetapi, tetap saja lebih baik berhenti daripada tidak berhenti meski diperbolehkan.

4. Tanda Zha (ز). Apabila bertemu waqaf ini, maka lebih baik tidak berhenti.

5. Tanda Sad (ص). Tanda ini disebut juga dengan Waqaf Murakhkhas. Apabila bertemu dengan tanda waqaf ini, lebih baik tidak berhenti. Namun, apabila Anda ingin berhenti lantaran napas tidak kuat misalnya, maka diperbolehkan.

6.Tanda Sad-Lam-Ya' (صلى). Tanda ini merupakan singkatan dari "Al-washl Awlaa" yang bermakna "wasal atau meneruskan bacaan adalah lebih baik". Artinya, meneruskan tanpa menghentikan bacaan adalah lebih baik.

7. Tanda Qaf (Ù‚). Tanda ini adalah singkatan dari "Qiila alayhi waqf" yang bermakna "telah dinyatakan boleh berhenti pada wakaf sebelumnya". Apabila bertemu dengan tanda waqaf ini, lebih baik meneruskan bacaan walaupun boleh diwaqafkan.

8. Tanda Sad-Lam (ﺼﻞ). Tanda ini singkatan dari "Qad yuushalu" yang bermakna "kadang kala boleh diwasalkan". Apabila Anda bertemu dengan tanda ini, lebih baik berhenti walau kadang kala boleh diwasalkan.

9. Tanda Qif (ï»—ï»´ï»’). Maksud dari tanda ini adalah berhenti. Artinya, apabila Anda bertemu dengan tanda waqaf ini, lebih diutamakan untuk berhenti.

10. Tanda Sin (س) atau tanda Saktah (سكتة). Tanda ini menandakan berhenti seketika tanpa mengambil napas.

11. Tanda Waqfah (ﻭﻗﻔﻪ). Tanda ini hampir sama dengan waqaf saktah, tetapi harus berhenti lebih lama tanpa mengambil napas.

12. Tanda Laa (لا). Maksud dari tanda ini adalah larangan berhenti. Apabila tanda ini muncul di pertengahan ayat, tidak dibenarkan untuk berhenti. Namun, apabila berada di penghujung ayat, maka Anda boleh berhenti atau tidak.

13. Tanda Kaf (ï»™). Tanda kaf singkatan dari "kadzaalik" yang bermakna "serupa". Dengan kata lain, makna dari waqaf ini serupa dengan waqaf yang sebelumnya muncul.

14. Tanda Bertitik Tiga (... ...) atau dikenal dengan sebutan Waqaf Muraqabah atau Waqaf Ta'anuq. Waqaf ini akan muncul sebanyak dua kali di mana saja dan cara membacanya adalah harus berhenti di salah satu tanda tersebut. Namun, apabila sudah berhenti pada tanda pertama, Anda tidak perlu berhenti pada tanda kedua.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS