Tingkatkan Sinergitas Kadin Tuban Silaturahmi ke Beberapa Instansi Terkait

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Dalam rangka mempercepat realisasi program kerja Kamar Dangang dan Industri (KADIN) Tuban masa bhakti 2023-2028, beberapa pengurus harian bersilaturahmi ke beberapa dinas terkait pada, Rabu (29/03/23). Diantaranya Dinas Koperindag, Disnaker dan Polres Tuban.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan sinergitas Kadin Tuban dengan pemerintah daerah. Selain itu, untuk mensosialisakian program kerja Kadin selama periode kepengurusan.

Menurut Mukaffi Makki, Kadin adalah mitra pemerintah. Jadi, harus kolaborasi dan menata kabupaten Tuban lebih baik. Kemudian ikut serta menjaga pertumbuhan ekonomi. Bila perlu meningkatkan ekonomi bagi masyarakat luas.

“Kegiatan kadin sesui prioritas program nasional, peningkatan UMKM dan pendidikan vokasi. Tujuannya untuk meningkatkan daya beli masyarakat, sekaligus juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baru di bidang wirausaha,” tutur Gus Kaffi sapaan akrabnya,

Gus Kaffi menambahkan, Tuban memiliki banyak potensi yang perlu dikelola secara maksimal. Banyak berdiri perusahaan nasional dan multinasional. Sehingga, peningkatan SDM berbagai sektor harus dipersiapkan.

“Kedepan Kadin akan mendirikan rumah vokasi dan pelatihan vokasi. Ini untuk menjawab kebutuhan perusahaan saat membutuhkan karyawan professional di bidangnya. Kemudian pengelolaan UMKM akan kita masksimalkan. Agar para wirausaha mampu bersaing dengan pengusaha lainnya. Bahkan, produk-produk lokal dari masyarakat Tuban harus tembus pasar modern. Jika perlu, produk yang berkualitas harus diekspor,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya pada forum silaturahmi mennyampaikan, dari penegak hukum akan mendukung penuh terkait program Kadin.

“Yang penting saling menjalin komunikasi dan koordinasi. Sehingga terjalin sinergitas yang baik. Tujuannya untuk menjaga Tuban tetap kondusif dan mampu menekan agka kriminalitas. Saya sepakat jika Kadin juga ingin membuat rumah vokasi. Biar para generasi muda bertalenta terwadahi dengan baik. Tentunya sesuai bidang keahliannya masing-masing,” terang mantan Kapolres Sumenep itu.

AKBP Rahman menambahkan, Jika perlu ada program yang bisa dikerjakan secara bersama-sama. Agar masyarakat tahu peran Kadin sejauh mana, dan tuntas dalam menjalankan tanggung jawab social. Sebagai organisasi wirausaha.

“Saya yakin bahwa, Kadin mampu berkontribusi dalam meningkatkan SDM masyarakat Tuban. Sehingga peluang wirausaha muda semakin luas dan mampu menyiapkan generasi muda untuk mengisi pos-pos stratregis di beberapa perusahaan yang berdiri. Jangan sampai, banyak potensi melimpah namun tidak bisa memanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS