BMKG Minta Nelayan Tuban Waspada Gelombang Tinggi 2,5 Meter Lima Hari

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban meminta masyarakat di Kabupaten Tuban untuk mewaspadai tingginya gelombang air laut lebih dari 2,5 meter. 

Hal tersebut, diprediksi terjadi selama lima hari. Terhitung sejak 20 Maret 2022 hingga 24 Maret 2022 mendatang. Di samping tingginya gelombang air laut, BMKG Tuban juga menyebut jika terdapat potensi angin kencang dan puting beliung di perairan laut Kabupaten Tuban. 

"Saat ini kita sudah masuk di musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, biasanya pada masa transisi atau peralihan ini potensi kejadian angin kencang dan puting beliung masih ada," ungkap Kepala BMG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com, Kamis (23/3/2023). 

Kendati demikian, pada bulan April 2023 mendatang, Kabupaten Tuban akan memasuki Musim Kemarau. Sehingga potensi terjadinya angin kencang atau puting beliung diperkirakan akan berkurang dan tidak ada lagi. 

Baca Juga:

Nelayan di Tuban Tenggelam Saat Mencari Ikan, 5 Selamat dan 1 Meninggal

Namun, meski begitu masyarakat di Kabupaten Tuban terutama para nelayan, dihimbau untuk terus waspada dan berhati-hati pada saat sedang melaut. Sebab, potensi potensi angin kencang dan puting beliung, saat peralihan musim masih tetap ada. 

"Utamakan keselamatan dan ikuti terus informasi cuaca yg disampaikan BMKG, melalui kanal-kanal media sosial yg tersedia seperti WA grup, twitter, instagram dan siaran radio baik Radio Suara Pradya dan RRI Tuban yg disiarkan tiap hari," pungkasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS