Banyak Sampah Berserakan di Alun-Alun Tuban, Kesadaran Masyarakat Kurang?

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dibukanya kembali Alun-alun Kota Tuban, setelah direvitalisasi dengan design terbaru, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) cukup menyedot perhatian masyarakat. Baik masyarakat dari Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten.

Hal tersebut, dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang silih berganti datang ke tempat tersebut. Entah itu untuk hanya sekedar melepas penat, menikmati hiruk pikuk Kota Tuban, atau hanya berselfie ria.

Dengan keberadaan pengunjung yang selalu datang, membuat banyak Pedagang kaki lima (PKL) menjajakan dagangannya. Mulai dari takoyaki, es teh poci,  bakso, croffle, dan berbagai makanan dan minuman lainnya.

Namun, hal tersebut berdampak pada kesadaran masyarakat dalam menjaga ekologis. Pasalnya, keperdulian masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, tergolong minim. Sehingga, menyebabkan masih banyaknya sampah-sampah, yang berserakan di sekitar Alun-alun Kota Tuban.

“Kesadaran masyarakat memang masih kurang, padahal di sini juga sudah disediakan tempat sampah. Bahkan dari PKL sendiri sudah ada yang bagian membersihkan sendiri, dan kita juga menyediakan tempat sampah, tapi kita masih juga mulungi sampah,” ujar salah seorang PKL setempat, Yoyon kepada blokTuban.com, Rabu  (15/3/2023).

Menurutnya, kendati persediaan tempat sampah di lokasi tersebut nantinya akan ditambah lagi, hal tersebut tidak akan efesien, jika dari masyarakat kurang memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar ke depannya masyarakat di Kabupaten Tuban bisa sadar dan lebih menjaga lingkungan di sekitar, agar tetap bersih dan indah.

“Tempat sampah itu sudah ada tapi ya kesadaran itu yang masih kurang, jadi percuma karena kalau kesadarannya sendiri tidak ada,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Bambang Irawan mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan banyak tempat sampah, di Alun-alun Kota Tuban.

Kendati demikian, ia menekankan jika sampah bukan hanya tanggung jawab bagi pemerintah saja, akan tetapi hal ini merupakan tanggung jawab dari seluruh lapisan. Baik masyarakat, pemerintah, dan juga dunia usaha.

“Sudah banyak tempat sampah di lokasi, pembelajaran juga bagi masyarakat bahwa sampah tidak hanya tanggung jawab pemertintah, tapi semua lapisan,” terangnya.

Meski begitu, lanjutnya, untuk meminimalisir banyaknya sampah di tempat tersebut, maka sudah ada petugas kebersihan yang akan membersihkan tempat ini setiap harinya, agar Alun-alun Kota Tuban tetap bersih dan terjaga. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS