Resep Churros Tanpa Mixer, Semua Orang Bisa Membuatnya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Cara membuat churros tidaklah sulit. Kali ini kami bagikan resep mmebuat churros tanpa menggunakan mixer.

Yang jelas untuk membuat churros Anda buth mempersiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, dan bahan tambahan lainnya.

Untuk mempermudah mengggoreng adonan churros dengan menggunakan piping bad atau plastik khusus yang diujungnya diberi spuit.

Membuat churros tanpa ribet, tanpa mixer ini tentunya dapat dibuat oleh siapapun. Yuk simak selengkapnya.

Bahan untuk churros:     

- 75 gram tepung terigu serbaguna

- 1/4 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula pasir

- 40 gram margarine

- 1 butir telur ayam

- 125 ml air

 

Bahan untuk topping:

- 2 sendok makan gula halus

- 1 sendok teh cinnamon powder

 

Bahan untuk saus cokelat:

- 30 gram cocoa powder

- 60 gram susu kental manis

- 40 ml susu cair

- 1 sendok teh minyak sayur

- Maizena dan air secukupnya (untuk mengentalkan saus)

 

Cara membuat churros:

1.  Lelehkan margarine, gula pasir, garam, dan air ke dalam panci dengan api kecil. Tunggu sampai semua bahan mencair kemudian matikan api.

2.  Masukkan tepung terigu ke dalam panci dan aduk rata. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masak sekitar 2 menit sambil terus diaduk agar tepungnya tidak menggumpal.

3.  Angkat adonan dari atas kompor dan dinginkan. Setelah adonan dingin, masukkan telur dan aduk sampai rata. Tekstur yang diinginkan adalah tekstur yang tidak terlalu lembek.

4. Masukkan adonan secara perlahan ke dalam piping bag yang sudah dilubangi ujungnya. Siapkan satu piping bag yang sudah dilubangi ujungnya untuk dipasangi spuit. Kemudian dengan perlahan masukkan piping bag yang berisi adonan ke piping bag yang terdapat spuit di ujungnya.

5. Tuangkan minyak ke dalam wajan cekung atau panci kemudian panaskan dengan api kecil. Setelah minyak panas, masukkan adonan churros ke dalam minyak dengan menekan ujung piping bag dengan bentuk memanjang sekitar 3-5 cm. Setelah itu goreng sampai keemasan.

6. Setelah matang, angkat churros dari penggorengan lalu tiriskan minyaknya. Ketika churros sudah tidak terlalu panas, taburkan dengan campuran gula halus dan cinnamon powder.

7. Untuk membuat saus cokelat, masukkan semua bahan ke dalam panci kemudian masak dengan api kecil sampai mendidih. Setelah itu tambahkan maizena kemudian aduk hingga mengental.

8. Churros dan saus cokelat siap untuk disajikan.

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS