19:00 . Kemarau Jadi Tantangan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Palang Tuban   |   18:00 . Bingung Mau Nyoblos tapi Masih di Luar Kota? Begini Cara Ajukan Pindah Memilih   |   17:00 . Taman Sleko, Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman di Tuban   |   16:00 . Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius   |   15:00 . Kawasan Hutan Sekitar Area Kilang GRR Tuban Terus Diawasi   |   14:15 . Teknologi Karbon Mulai Diterapkan di Lapangan Sukowati   |   13:00 . Puluhan PPS dan PPK Tuban Mundur dengan Alasan Sama   |   12:00 . 3 Langkah Strategis PHE Di Era Transisi Energi dan Dekarbonasi   |   11:00 . 4 Rute Wisata Tuban yang Perlu Dicoba di 2023   |   10:00 . Cek Lokasi dan Telepon Apotek Tuban yang Buka Hari Ini   |   09:00 . Daftar 10 Kolam Renang di Tuban, Lengkap Alamat dan Jam Buka   |   23:00 . Milenial Tuban Belajar Bisnis Pasar Modal Syariah, Ketua MES Tuban: Tauladan Bisnis Investasi Adalah Rasulullah   |   22:00 . Puncak Musim Kemarau, Pedagang Minuman Kekinian di Tuban Untung 3 Kali Lipat   |   21:00 . Geger VIrus Nipah di India, Dinkes P2KB Tuban: Belum Masuk Indonesia   |   20:00 . Segini Besaran Bonus Atlet Tuban yang Berlaga di Porprov Jatim VIII   |  
Mon, 25 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Aksi Vandalisme Tutupi Rambu Lalu Lintas dengan Sticker, Kabid DLHP Tuban: Pelaku Bisa Dipidanakan

bloktuban.com | Tuesday, 07 March 2023 19:00

Aksi Vandalisme Tutupi Rambu Lalu Lintas dengan Sticker, Kabid DLHP Tuban: Pelaku Bisa Dipidanakan Petugas DLHP Tuban memberishkan apn rambu lalu lintas yang ditempeli sticker. (bloktuban/sav)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Maraknya aksi vandalisme yang membuat rambu lalu lintas di Kabupaten Tuban ditempeli sticker, kini masih menjadi atensi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP). 

Pasalnya, sticker tersebut dapat mengganggu pengguna jalan untuk melihat rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jalan tersebut. Salah satunya, terjadi di Jalan Ronggolawe, Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. 

Hal tersebut, salah satunya dikeluhkan oleh  seorang pengendara sepeda motor, Arif. Menurutnya, adanya sticker yang tertempel pada rambu-rambu lalu lintas sangat mengganggu pengguna jalan, bahkan bisa membahayakan. 

"Menurut saya sangat menggangu mbak, seperti ini saja saya nggak tahu ini tulisannya apa karena tertutup sticker semua," keluhnya, Selasa (7/3/2023). 

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) DLHP Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan mengatakan jika hingga kini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satunya, dengan melakukan patroli secara rutin dan dilakukan pembersihan. 

"Langkah dari kami melaksanakan patroli rutin pengawasan mbak, serta mengharapkan peran serta aktif masyarakat membantu memberikan laporan ke kami. Akan kami tindaklanjuti dengan  pembersihan rambu tersebut dan pembenahan fungsinya mbak," ujarnya. 

Selain itu, Imam sapaan akrabnya juga mengatakan jika dalam hal ini pelaku penempel sticker, dapat dipidanakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 22, Pasal 275 Ayat 1 dan 2 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama satu bulan, atau denda paling banyak Rp250 ribu. 

Namun, apabila karena tindakan tersebut rambu lalu lintas menjadi rusak atau tidak berfungsi, maka pelaku terancam pidana hukuman penjara paling lama dua tahun atau denda sebesar Rp50 juta. 

"Kita acuan bisa langsung ke UU no 22 tahun 2009 tentang LLAJ mbak, Pasal 275 ayat 1 dan 2 dijelaskan pasal pidana nya. Jadi menempel sticker, mencorat-coret, merusak atau bahkan mencuri rambu semua ada pasal pidana nya sesuai UU," jelasnya. 

Oleh karena itu, pria ramah ini berharap agar  masyarakat ikut berpartisipasi menjaga dan merawat rambu lalu lintas yang sudah terpasang. Pasalnya, rambu dipasang bukan untuk pajangan, akan tetapi memiliki fungsi untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

Tag : #vandalisme, #rambu lalu lintas, #pidana



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat