Semanis Madu, Cicipi Belimbing Tasikmadu Khas Tuban

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Kabupaten Tuban terkenal dengan julukan Kota tuak dan legen. Di mana tuak dan legen ini merupakan minuman tradisisonal khas Tuban yang terbuat dari getah buah bogor atau lontar. 

Kendati demikian, tak hanya tuak dan legen, Tuban juga memiliki Belimbing madu khas Tuban yang berbeda dengan belimbing lainya. Belimbing madu khas Tuban memiliki cita rasa khas manis dengan daging buahnya yang lembut serta kulitnya yang harum, sehingga dapat menggugah selera.

Bagi kalian yang kebetulan melintas di Tuban, maka kalian dapat mengunjungi toko Belimbing madu mbak Lis yang berada di Jl. Gresik Km. 1, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sumiyaji (49 tahun), selaku penjual belimbing madu mengaku sudah berjualan belimbing madu selama 20 tahun, terhitung sejak tahun 2003. Sedangkan untuk jam operasionalnya toko belimbing madu ini, buka setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Dengan dibantu istrinya bergantian jaga.

Untuk harga jual belimbing madu khas Tuban di sini tergantung musim dengan harga relatif murah mulai dari Rp 12,5 ribu per Kilogram (Kg) sampai Rp20 ribu per Kg saja.

“Harga jual itu ga pasti jadi tergantung musim. Kalau panen raya mencapai Rp12.5 ribu sampai Rp15 ribu, kalo nggak panen raya mulai Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu,” ujar pria 49 tahun saat diwawancarai, Senin (6/3/2023).

Adapun omzet yang didapat toko belimbing madu mbak Lis pada saat covid-19 diketahui sempat menurun drastis, akan tetapi semenjak awal tahun 2023 sudah mulai membaik.

“Wah, kalo pendapat pas covid-19 itu sangat menurun secara drastis yang biasanya laku 15 kg per hari jadi menurun hanya 1-2 kg perhari, karena tidak ada yang keluar kota, berpergian, silaturrahmi keluarga tidak ada. Jadi ya di makan sendirilah” Jelasnya sembari tertawa.

Di sisi lain selain menjual belimbing madu, toko ini juga menjual terasi rebon asli khas Tuban yang dapat kalian coba. Lebih lanjut,  momen yang paling laris di toko ini yaitu pada saat liburan panjang seperti Tahun Baru, Idul Fitri, dan Idul Adha. 

Dengan mayoritas kebanyakan pembeli dari rombongan Sunan Bonang dan warga sekitar. Selain melayani di tempat belimbing madu mbak Lis juga dapat melayani online melalui Whatsapp (081554720956) atau (087778364577). [Lia/Ali]

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS