Doa Terbebas dari Kesusahan dan Kesempitan Hidup

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Doa agar terbebas dari kesulitan dan kesempitan hidup ini dilafalkan oleh Nabi Yunus As. Ketika itu ia sedang terperangkap dalam perut ikan raksasa.

Dalam Surah Al-Anbiya’ ayat 87, Allah berfirman:

"Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya) maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: ‘ Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh aku termasuk  orang-orang yang zalim.”

Nabi Yunus As cukup marah kepada kaumnya kerana keengganan mereka untuk beriman kepada Allah SWT. Kepergiannnya yang menyeberangi laut membuatnya ditelan oleh seekor ikan besar.

Nabi Yunus dikisahkan tengah terperangkap dalam 3 kegelapan dalam satu kali waktu. Terperangkap dalam perut ikan, terperangkap di dasar laut dan ditambah kegelapan malam.

Dalam kondisi tersebut, Nabi Yunus mulai menangis dan bertasbih kepada Allah SWT. Hatinya mulai bergerak untuk bertasbih kepada Allah, dan lisannya pun mulai mengikutinya. 

Laailahailaanta subhanainni kuntum minazzalimin

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh aku termasuk  orang-orang yang zalim.

Lantunan tasbih yang dipanjatkan kepada Allah inilah yang pada akhirnya menolongnya dan selamat dari dalam perut ikan.

Inilah kisah yang dapat dicontoh umat Islam apabila sedang dalam kondisi tertimpa masalah, selain intropeksi diri, berserah diri kepada Allah adalah jalan yang utama.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS