Sukses Berbisnis Olahan Ikan Cakalang, Ibu di Tuban Ini Gerakkan Ekonomi dari Rumah Tangga

Reporter : Savira Wahda  Sofyana

blokTuban.com – Menjadi ibu rumah tangga, tidak selalu hanya duduk manis di rumah atau menutup diri dari berbagai kegiatan yang bermanfaat. Namun, ada banyak ibu rumah tangga yang memiliki usaha sampingan, yang justru sangat bersinar.

Seperti halnya, ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Isti’adah. Berawal dari keinginannya untuk mengangkat potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban, kini usaha rumahan suwir ikan cakalang bumbu rempahnya sudah dikenal oleh masyarakat luas.

“Saya visi-misinya itu ingin mengangkat produk lokal Tuban, akhirnya saya kepikiran untuk bahan bakunya ikan. Pertama kita bikin abon ikan cakalang, kemudian berkembang karena permintaan pasar, akhirnya kita buatlah suwir ikan cakalang,” ujarnya kepada blokTuban.com, saat ditemui di rumah produksinya, Selasa (28/2/2023).

Dipilihnya ikan cakalang atau ikan tongkol blirik ini sendiri bukan tanpa alasan. Selain rasanya yang enak, jenis ikan ini hampir tidak kenal musim dan cukup melimpah di Kabupaten Tuban, sehingga tidak khawatir jika sewaktu-waktu stok ikan kosong.

Selama Sembilan tahun menggeluti usaha ini, perempuan ramah itu mengaku jika produk-produknya tersebut, sudah terjual hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya, dalam proses produksi ia menggunakan bantuan sinar UV untuk sterilisasi, dan mesin jar sealing untuk menyegel kemasan, sehingga bisa dikirim ke luar kota. 

Baca Juga:

Sukses Hasilkan Produk Kontruksi, PLN Nusantara Power Tuban Kini Bidik FABA Menjadi Pupuk

“Pemasaran lewat reseller dan sosial media, jadi inginnya itu pasarnya lebih luas lagi. Sebenarnya pemasaran sudah ke seluruh Indonesia, tapi jumlahnya yang ingin ditambah,” katanya.

Untuk satu produk olahan ikan cakalang, ibu dari dua orang anak ini menjualnya dengan harga yang berbeda-beda, tergantung jenis dan ukurannya. Jika abon ikan cakalang satu kemasan pouch dijual dengan harga Rp22 ribu, maka suwir ikan cakalang bumbu rempah dengan kemasan botol plastik dijual Rp30 ribu. 

Sementara suwir ikan cakalang bumbu rempah premium kemasan toples segel alumunium dibandrol dengan harga Rp35 ribu.

Selain sudah keliling Indonesia, produk buatan perempuan 39 tahun ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan. Mulai dari juara harapan 2 lomba inovasi makanan ringan, juara 1 lomba IKM Berprestasi industri agro dan kimia, juara 2 lomba Adhikarya Pangan Nusantara, juara 1 lomba produk olahan potensi lokal desa, hingga juara 2 lomba Tubernova pada Tahun 2022 lalu.  

“Tapi kalau beli satu box harganya berbeda, satu box isinya empat itu saya jual Rp100 ribu. Kalau yang kemasan premium, order 45 pcs juga beda harga, bisa jadi Rp25 ribu bahkan Rp23 ribu, tergantung jumlah pesannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Isti sapaan akrabnya berharap agar produk olahan ikan khas Kabupaten Tuban buatannya tersebut, bisa dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS