Camping Ground Segera Hadir di Pantai Kelapa Tuban, Mampu Tampung 200 Tenda

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Camping ground akan segera hadir di Pantai Kelapa Tuban. Objek wisata yang terletak di Jl. Gresik Kepoh, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini telah berdiri sejak 5 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2017.

Lokasi camping ground sendiri berada di area timur dekat pantai dengan area camping yang cukup luas. Di mana dapat memuat sekitar 200 tenda dome dengan kapasitas 4 orang.

“Untuk kegiatan camping ground ini sangat murah, disini per orang hanya Rp35 ribu itu sudah include di dalamnya tiket masuk, parkir, toilet, dan keamanan. kemudian untuk persoalan tenda dengan kapasitas 4 orang hanya Rp50 ribu. Jadi sangat terjangkau sekali," ujar Heri Poernomo (45tahun) selaku pengelola Pantai Kelapa Tuban saat diwawancarai, Selasa (28/2/2023). 

Pantai kelapa dapat di kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Namun jika ada acara tertentu pantai bisa di buka lebih lama. Heri menambahkan bahwa wisata pantai kelapa akan segera membuka camping ground, karena lokasi tempat wisata ini sangat tepat untuk kegiatan perkemahan, dan baru muncul ide-ide membuka wisata ini agar semakin banyak manfaat yang dapat di rasakan pengunjung.

“Dengan adanya camping ground tersebut dapat di fokuskan bagi para mahasiswa dan pelajar untuk mengadakan ldks, pelatihan, diklat, dan lain sebagainya di sini sambil menginap, dan kami sudah siapkan tenda-tenda camping dan juga  area yang luas dengan sarana yang lengkap. 

Diantaranya pagar yang cukup luas, toilet, mushola, penerangan, dan keamanan sudah kami siapkan semuanya. Jadi untuk kedepanya mudah-mudahan dari kampus atau mahasiswa bisa totalitas untuk melakukan kegiatan di sini," imbuhnya. 

Lebih lanjut fasilitas yang terdapat di pantai Tuban tergolong cukup baik, mulai dari tempat ibadah, toilet, serta tempat parkir motor ataupun parkir mobil yang cukup luas.

“Harga tiketnya sangat terjangkau bagi semua kalangan dan bisa di nikmati oleh semua masyarakat,” ujar Fauzan salah satu pengunjung pantai kelapa.

Untuk menikmati wisata ini, tiket masuknya cukup terjangkau. Pengunjung hanya di tarik Rp10 ribu per orang, sedangkan biaya parkir Rp2 ribu per motor dan Rp5 ribu per mobil serta Rp10 ribu per bus.

Jarak tempuh lokasi wisata pantai kelapa dengan pusat kota hanya sekitar 5 kilometer dan dapat di tempuh kurang lebih 10 menit dari alun-alun Kota Tuban. Di sisi lain untuk makanan dan minuman khas pantai kelapa di sini terdapat ikan asap dan es kelapa yang menjadi makanan dan minuman favorit pengunjung.

Salah satu pedagang pantai kelapa, Lilis (38 tahun) mengatakan pada saat weekend (Sabtu-Minggu) dan tanggal merah biasanya cenderung ramai dan untuk weekday (Senin-Jum’at) itu orang wisata cenderung agak sepi.

Keberadaan pantai ini tidak hanya menyajikan pantai saja, akan tetapi terdapat banyak wahana di dalamnya seperti: berkuda, berenang, ATV, motor listrik, mangrove, dermaga, bom yang menjulang ke laut, serta yang tak kalah menarik pantai ini akan segera membuka camping ground. [Lia/Ali]

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS