Doa Memohon Berkah dan Lancar Berdagang Menurut Rasulullah

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdagang dengan jujur dan amanah. Sebab itu selain berusaha berdagang, dapat diringi dengan membaca doa memohon keberkahan dan kelancaran.

Berdagang ala Rasulullah mengedepankan adab dan kejujuran kepada pembeli. Pun tidak memperlakukan setiap pembeli sama derajatnya sehingga semua dilayani dengan ramah.

Berikut ini beberapa lafal doa yang dapat dilantunkan untuk memohon keberkahan berdagang.

Doa supaya dagangan laris dan membawa berkah

اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ 

Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikan lah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan, sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.”

 

Doa agar terhindar dari niat jahat terhadap usaha yang dijalankan.

لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لَا شرِيكَ لَهُ، لَهُ الملْكُ، ولَهُ الحمْدُ، وهُوَ عَلَى كُلِّ شيءٍ قديرٌ

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

 

Doa supaya diberi ketabahan saat mengalami kerugian

عَسَىٰ رَبُّنَا أَنْ يُبْدِلَنَا خَيْرًا مِنْهَا إِنَّا إِلَىٰ رَبِّنَا رَاغِبُونَ

Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina raghibun.

Artinya: “Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS