Berkah Wisata Silowo Bagi Pedagang Sekitar, Susur Sungai Jadi Ikon Utama

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dibukanya kembali Wisata Silowo dengan mengusung wisata susur sungai, rupanya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, tak sedikit warga yang turut berjualan di tempat yang kini menjadi ikon desa tersebut.

Seperti halnya Dita, salah seorang penjual aneka  olahan sagu di tempat tersebut. Menurutnya, setelah wisata ini dibuka kembali, kini jualannya lebih banyak diketahui oleh orang lain. Pasalnya, banyak wisatawan dari manca daerah berkunjung ke tempat tersebut. 

“Adanya Wisata Silowo ini bisa membantu masyarakat sekitar, dengan berjualan dan memanfaatkan pohon sagu yang ada. Kemudian diolah menjadi berbagai olahan,” ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (26/2/2023). 

Dengan adanya Wisata Silowo ini, lanjutnya, maka bisa mengangkat perekonomian masyarakat sekitar, sehingga ia merasa jika adanya wisata ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat, karena menambah penghasilan warga sekitar.

Bahkan semenjak dibukanya wisata ini, dalam sehari perempuan ramah ini mampu meraih omzet dengan jumlah yang cukup fantastis, jika pengunjung sedang membludak.

“Kalau ramai mungkin penghasilan sampai Rp1 juta, tapi jumlah itu masih kotor belum penghasilan bersihnya,” sambungnya.

Setiap harinya, ibu dari tiga orang anak ini menjual berbagai olahan sagu, yang menjadi makanan khas dari Wisata Silowo. Seperti halnya bubur sagu, pentol sagu, dawet sagu, tepung sagu, hingga kerupuk sagu.

Harga yang ditawarkan dari setiap produknya pun cenderung sangat ramah dikantong. Pasalnya, pembeli cukup membayar Rp3 ribu hingga Rp15 ribu saja, tergantung produk yang akan dibeli.

“Untuk  semua olahan sagu seperti bubur dan pentol harganya Rp5 ribu per porsi, untuk tepung sagu satu bungkusnya Rp15 ribu,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, untuk dapat masuk ke dalam Wisata Silowo, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp4 ribu per orang. Sementara untuk jasa sewa perahu kano pengunjung dikenakan tariff Rp10 ribu dan Rp5 ribu untuk perahu mesin. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS