Kenalkan Kebudayaan Daerah, SD Alam El Yamien Tuban Gelar Festival Budaya Nusantara

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Sekolah Dasar (SD) Alam El Yamien yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menggelar Festival Budaya Nusantara, guna mengenalkan berbagai budaya daerah kepada para siswanya.

Salah seorang tenaga  pendidik di sekolah tersebut, Fitri mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang selalu digelar, oleh pihaknya setiap tahunnya.

“Kegiatan ini adalah sebagai salah satu ekspresi, yang dilakukan setiap puncak tema dalam satu tema pembelajaran,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Jumat (24/2/2023). 

Dari seluruh kelas yang ada, maka terpilihlah Festival Budaya Nusantara sebagai tema dalam kegiatan tahun ini, dengan peserta seluruh angota yang ada di sekolah tersebut. Baik para siswa yang duduk di kelas 1 sampai 6, guru hingga  wali murid  turut berpartisipasi.

Dalam pelaksanaannya, seluruh kelas yang ada memiliki peran masing-masing untuk menampilkan budaya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari budaya  dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua, Kalimantan, hingga Sumatera.

“Jadi yang ditampilkan adalah makanan khas dan tarian budaya, yang disitu mengandung makna. Artinya, tarian-tarian yang memiliki makna pembelajaran khusus, seperti makna tari sajojo dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain menyuguhkan berbagai budaya nusantara, dalam kegiatan ini juga terdapat materi-materi tentang alam. Seperti halnya lagu  tentang alam yang sengaja ditampilkan disela-sela kegiatan. 

Lebih lanjut, perempuan ramah ini mengaku bahwa diselenggarakannya kegiatan  tersebut, bertujuan untuk mengenalkan peserta didik kepada budaya nusantara dan juga meningkatkan  kesadaran anak, terhadap lingkungannya.

“Ini memang acara tahunan, yang tujuanya anak tidak cukup belajar di dalam kelas saja, tetapi dia juga harus bisa mengekspresikannya.  Sehingga pokok pembelajaran itu akan lebih bermakna.” Katanya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS