Lafal Dzikir Paling Utama Laa Ilaaha Illallaah dan Keutamaannya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com -  Kalimat dzikir laa ilaaha illallaah (لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ) disebut sebagai dzikir utama atau intisari dari segala dzikir.

Rasulullah SAW, dalam hadits riwayat Muslim, bersabda: Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai" (HR. Muslim no. 2137).

Tidak ada keraguan bahwa kalimat ini adalah kalimat agung yang menjadi sebab tegaknya bumi dan langit dan diciptakannya seluruh makhluk. Dengan kalimat tersebut Allah -Ta'ālā- mengutus para rasul-Nya, menurunkan kitab-kitab-Nya dan menetapkan syariat-syariat-Nya. 

Sedangkan keutamaan melafalkan dzikir laa ilaaha illallaah adalah

1) Masuk Surga

Umat Islam yang mengamalkan dzikir ini hingga sebelum meninggal diganjar masuk surga, sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ

”Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud)

2) Terhindar Api Neraka

Suatu hari Nabi Muhammad Saw mendengar muadzin mengucapkan “Asyhadu alla ilaha illallah”. Lalu beliau mengatakan pada muadzin tadi,

خَرَجْتَ مِنَ النَّارِ

”Engkau terbebas dari neraka.” (HR. Muslim)

3) Wajah Memancarkan Purnama

Rasulullah Saw bersabda:

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻝَ ﻛُﻞَّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻻ ﺇﻟٰﻪَ ﺇﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻣُﺤَﻤَّﺪٌ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪ ﻣَﺎﺋَﺔَ ﻣَﺮَّﺓ ﺟَﺎﺀَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻭَﺟْﻬُﻪُ ﻛَﺎﻟﻘَﻤَﺮِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﺒَﺪْﺭِ

“Barang siapa setiap hari mengucapkan Laa Ilaaha Illallah Mumahammadur Rasulullah seratus kali, akan datang pada hari kiamat sedang wajahnya seperti bulan purnama.”

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS