5 Hari Kedepan Gelombang di Perairan Laut Tuban Masih Berstatus Aman

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Kabupaten Tuban memperkirakan 5 hari kedepan, gelombang di laut Tuban masih tergolong sedang.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban Zem Irianto Padama mengatakan bahwa selama 5 hari kedepan gelombang di wilayah perairan Kabupaten Tuban akan terus mengalami kenaikan, kendati demikian masih tergolong gelombang sedang.

“Diperkirakan gelombang selama 5 hari ini akan mengalami peningkatan semula dengan tinggi 0.30 meter hingga 1.75 meter,” ujar Kepala BMKG Zem Irianto Padama kepada blokTuban.com, Sabtu (11/02/2023).

Perlu diketahui bahwa dalam mengklasifikasikan gelombang BMKG mengklasifikasikan menjadi 6, diantaranya gelombang tenang dengan ketinggian 0.1 hingga 0.5 meter, rendah 0.5 hingga 1.25 meter, sedang 1.25 hingga 2.5 meter, tinggi  2.5 hingga 4.0 meter, sangat tinggi 4.0 hingga 6.0 meter, dan ekstrem lebih dari 6.0 meter.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Tuban pada tanggal 11 hingga 12 Februari ketinggian gelombang masih tergolong rendah cuma 0.30 hingga 1.25 meter.

Mulai 13 Februari gelombang di wilayah Perairan Tuban sudah mulai naik masuk dalam kategori sedang dengan ketinggian 0.50 hingga 1.75 meter.

Kendati demikian masyarakat masih perlu waspada jika ada perubahan cuaca ekstrem, dengan selalu memantau prakiraan gelombang di lautan Tuban. Salah satu yang perlu diwaspadai ketika ada awan cumulonimbus.

“Keberadaan awan cumulonimbus yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS