Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, mencatat hingga Bulan Agustus 2022 lalu, sektor pertanian masih mendominasi lapangan pekerjaan di Bumi Ronggolawe. 

Dimana, dari 670,721 jumlah pekerja, terdapat 39,77 persen orang bekerja pada sektor pertanian, sementara masyarakat yang bekerja pada sektor jasa sebanyak 38,67 persen orang. 

"Untuk sektor manufaktur sebesar 21,56 persen," ujar Kepala BPS Kabupaten Tuban, Eko Mardiana, Senin (6/2/2023). 

Angka tersebut, lanjutnya menunjukkan pola yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, pada Tahun 2021 lalu penyerapan tenaga terbesar di Kabupaten Tuban didominasi oleh Sektor jasa, barulah disusul oleh sektor pertanian. 

Menurutnya, lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan presentase penduduk yang bekerja pada Tahun 2022 lalu yaitu sektor manufaktur sebesar 4,53 persen, dan sektor pertanian sebanyak 1,38 persen. 

"Untuk sektor jasa di Tahun 2022 justru mengalami penurunan prosentase, yaitu sebesar 2,43 persen," lanjutnya. 

Sementara menurut pekerjaan utama, Eko sapaan akrabnya mengatakan bahwa penduduk bekerja di Kabupaten Tuban yang paling banyak, masih berstatus buruh/ karyawan/pegawai yaitu sebesar 25,96 persen. 

"Untuk yang paling sedikit berstatus berusaha dibantu buruh tetap/ dibayar, yaitu sebesar 1,67 persen," pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS