Doa dan Amalan Menjelang Ramadhan, Umat Islam Penting Mengetahuinya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Menjelang bulan suci ramadhan menajadi momen penting bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri melaksanakan puasa wajib.

Mempersiapkan diri tentunya tidak lupa dengan melafalkan doa menjelang ramadhan yang berasal dari riwayat imam at-Tirmidzi dengan nomor hadis 3451 berikut ini.

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallahu.

Artinya: “Ya Allah mohon hadirkan awal ramadhan kepada kami dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan selamat, dan dengan kekuatan islam Rabbi wa Rabbukallahu.”

Berdoa menjadi pembuka pintu memasuki gerbang ramadhan, bulan suci yang dikatakan juga sebagai bulan ampunan. Segala kegiatan di bulan ramadhan bisa bernilai ibadah.

Terlebih apabila melaksanakan sejumlah amalan yang dapat dilakukan oleh umat Islam menjelang datangnya Ramadan. Dikutip dari buku bertajuk Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadan yang disusun oleh Abu Maryam Kautsar Amru, berikut tujuh di antaranya:

1. Membayar Utang Puasa

Utang puasa dapat diganti sepanjang tahun hingga bulan Syaban. Untuk itu, hendaklah melunasi utang puasa sebelum berakhirnya Syaban.

2. Memperbanyak Puasa Sunnah pada Bulan Syaban

Imam Baihaqi menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Waktu-waktu Penuh Berkah: Khazanah Islam Klasik, dikatakan bahwa Rasulullah SAW berpuasa hampir sebulan penuh di bulan Syaban.

Abu Salamah RA menceritakan: "Aku bertanya kepada Aisyah RA tentang puasa Rasulullah SAW. Ia menjawab, 'Rasulullah SAW berpuasa sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar berpuasa dan beliau juga tidak berbuka sampai-sampai kami berkata, Beliau benar-benar telah berbuka. Dan aku tidak pernah melihat Beliau berpuasa pada bulan Syaban. Yakni, Beliau SAW berpuasa pada bulan tersebut hampir semuanya (sebulan penuh)." (HR. Muslim, Nasa'i, dan Ahmad).

3. Memperbanyak Baca Al Quran

Amalan yang dapat dilakukan menjelang Ramadhan lainnya adalah memperbanyak dan belajar membaca Al Quran.

4. Membekali Diri dengan Ilmu-ilmu tentang Puasa Ramadan

Menjelang Ramadan, umat Islam dapat membekali beberapa ilmu di antaranya adalah masalah hukum, tata cara, dan berbagai aturan syariat yang berkaitan dengan puasa.

5. Berdoa agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadan

Amalan lainnya adalah memperbanyak doa agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadan. Disebutkan dalam buku ini, diriwayatkan oleh sebagian ulama salaf, mereka berdoa kepada Allah SWT selama enam bulan menjelang Ramadan dan lima bulan setelahnya agar amalannya diterima.

6. Menata Niat

Umat Islam juga dapat mempersiapkan niat dan kondisi hati dengan bergembira menyambut datangnya Ramadan. Sebab menyambut gembira bulan ramadhan sudah bernilai ibadah dan dihitung sebagai amalan baik.

7. Melakukan Rukyatul Hilal jika Mampu dan Memiliki Ilmunya

Hal lain yang dapat dilakukan adalah melihat hilal untuk memastikan masuknya bulan Ramadan, khususnya bagi orang yang mampu dan memiliki ilmunya.

Selain ketujuh amalan di atas, umat Islam kebanyakan di Indonesia akan ziarah kubur. Hal ini dilakukan sebagai pengingat akan kematian dan meningkatkan rasa zuhud.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS