Dapat Melancarkan BAB, Ini Manfaat Gayam Bagi Kesehatan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Gayam merupakan salah satu buah yang tergolong langka dan sulit ditemukan. Namun, meskipun keberadaan masih jarang, akan tetapi buah yang menyerupai jengkol ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh salah seorang pengusaha gayam, asal Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Maliki. Menurutnya, jika dikonsumsi oleh manusia, buah ini baik untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya membersihkan kotoran yang ada diusus, sehingga dapat melancarkan Buang Air Bear (BAB).

“Yang saya tahu gayam ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya bisa mencuci perut. Sehingga buang airnya lancar,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di rumah produksinya, Minggu (5/2/2023).

Selain dapat melancarkan BAB,  manfaat lain yang terkandung dalam buah gayam ini yaitu dapat meningkatkan  daya  tubuh manusia, dengan daya tahan tubuh yang baik maka seseorang akan terhindar dari segala macam penyakit.

Tak hanya itu saja, manfaat lain dari buah yang mirip dengan jengkol ini yaitu dapat mencegah penuaan diri. Serta dapat mengatasi peradangan dalam tubuh. Sebab, kandungan flavonoid serta zat antioksidan pada gayam, dapat berpotenis untuk melawan stress oksidatif, penyebab radikal bebas dan peradangan pada tubuh.  

“Bisa menstabilkan usus juga, bisa juga sebagai obat diare, terus meningkatkan stamina tubuh,” sambungnya.

Disamping itu, buah gayam ini juga dapat  menjaga kesehatan lambung. Sehingga, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit lambung, mengkonsumsi olahan dari buah gayam ini dapat menjadi salah satu solusi. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS