Pemuda Tuban Didorong Berani Berwirausaha

Reporter : Savira Wahda  Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnaker) Tuban, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan berwirausaha.

Hal tersebut, dilakukan guna menekan angka pengangguran di Kabupatenn Tuban yang tergolong masih sangat tinggi, Jumat (3/2/2023).

“Harapan dari Pemerintah Daerah (Pemda), generasi muda sekarang itu tidak berpacu pada pekerjaan formal saja kalau bisa. Salah satunya dengan kewirausahaan dan industri kreatif,” ujar Kepala Disnakerin Tuban, Sugeng Purnomo kepada blokTuban.com.

Pasalnya, dengan berwirausaha masyarakat tidak lagi bertumpu pada lowongan pekerjaan. Akan tetapi, justru bisa membuka lowongan pekerjaan, sehingga angka pengangguran di Kabupaten Tuban, yang saat ini mencapai 32.766 orang dapat ditekan.

Oleh karena itu, Sugeng meminta kepada masyarakat agar mencari peluang dan berkreativitas. Sebab, di samping dapat menekan angka pengangguran, hal tersebut juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga:

Pengangguran di Tuban Tembus 32.766 Orang, Disnakerin: Kemampuan APBD Terbatas

“Karena pengangguran ini tidak lepas dari kesempatan kerja yang ada atau lowongan pekerjaan yang ada. Didukung lagi dengan tingkat kelulusan yang ada baik lulusan sarjana maupun tingkat SLTA,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap agar perusahaan maupun Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), dapat berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat, dengan melakukan atau menggelar pelatihan.

Kendati demikian, pria ramah ini mengaku jika sampai saat ini pemkab sudah melakukan berbagai upaya, untuk menekan angka pengangguran tersebut. Seperti melakukan pelatihan, maupun kesempatan kerja dengan mengadakan program job fair.

“Upaya-upaya kita tetap ada, seperti kesempatan kerja kita ada program job fair, kita juga sering informasikan job fair yang ada di luar daerah. Termasuk penempatan tenaga kerja, cuma transmigrasi sekarang masyarakat masih belum tertarik,” imbuhnya.

Untuk itu, Sugeng juga mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi bersama, baik dengan lembaga, perusahaan ataupun masyarakat. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS