Pemdes Prunggahan Wetan Bangun Belasan Rumah Layak Huni untuk Masyarakat Kurang Mampu

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Wujud kepedulian dari Pemerintah Desa (Pemdes) Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban kepada masyarakat tidak mampu, diwujudkan dengan pembangunan rumah tembok.

Diketahui program ini sudah dilaksanakan sejak 2015 silam. Terdapat 16 rumah warga kurang mampu yang telah diperbaiki oleh Pemdes Prunggahan Wetan.

Menurut Kepala Desa Prunggahan Wetan Hari Winarko bahwa tujuan dari diadakannya program ini adalah, mewujudkan pembangunan yang dapat dirasakan oleh  masyarakat terlebih masyarakatnya yang tidak mampu.

Baca juga: BLT BBM Senilai Rp107,5 Juta Kembali ke Rekening Pemkab Tuban, 9 Alasan Ini Sebabnya

“Agar masyarakat kecil juga merasakan kemanfaatan dari pembangunan desa,” ujar Hari Winarko kepada blokTuban.com, Selasa (31/01/2023).

Dalam pembangunan rumah ini tak sekedar membangun rumah jadi, akan tetapi banyak problem dan rintangan, salah satunya yaitu ketika orang yang hendak dibangunkan rumah tak punya lahan untuk membangun rumah.  Pemdes mencari solusi akan hal tersebut, dengan dikasih hak guna tanah desa sebagai tempat berdirinya rumah.

Untuk pembangunan satu rumah beserta toilet oleh Pemdes Prunggahan Wetan di anggarkan Rp15 jutap. Sedangkan dulu Rp12 juta rupiah hanya rumah saja. Untuk sumber anggaran tersebut, Hari sapaan akrabnya  mengatakan berasal dari anggaran Dana Desa dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Kendati dengan dana segitu Pemdes berusaha tetap memaksimalkan bagaimana warga tetap bisa memiliki rumah yang nyaman dan aman.

Baca juga: Usai Mendapat Gerobak dari SIG, Begini Respon Pedagang Kecil di Tuban

“Kita anggarkan Rp15 juta satu rumah dan toilet, tapi biasanya juga akan ditambah dengan tabungan yang menerima bantuan. Jika memang kondisi orangnya benar-benar tidak mampu dan tak punya apa-apa akan dimusyawarahkan dengan RT atau lingkungannya, untuk turut andil membantu baik dana maupun tenaga dan hal ini dengan ikhlas tanpa ada paksaan,” terang pria ramah ini.

Untuk tahun 2023 Pemdes Prunggahan Wetan tak ada target pembangunan rumah dikarenakan tak ada warga yang tak punya rumah saat ini. Bantuan dialihkan kepada warga yang rumahnya sudah mengalami kerusakan untuk direnovasi.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS