Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Mengamalkan doa sapu jagat adalah salah satu jalan menjadi umat Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Sebab doa sapu jagat ini menjadi doa harian yang dipanjatkan oleh Rasulullah.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu memanjatkan doa sapu jagad tersebut;  

قَالَ الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ: أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِيمَا بَيْنُ الرُّكْنِ الْيَمَانِيِّ وَالرُّكْنِ الْأَسْوَدِ: {رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ} 

Imam Syafii mengatakan dari Abdullah ibnus Saib, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW mengucapkan doa berikut di antara rukun Bani Jumah dan rukun Aswad, yaitu: Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Keutamaan mengamalkan doa sapu jagat ini yaitu memohon kebaikan dan pertolongan Allah di dunia dan akhirat. Kebaikan di dunia itu mencakup semua yang didambakan dalam kehidupan dunia, seperti kesehatan, rumah yang luas, istri yang cantik, rezeki yang berlimpah, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang mudah, dan sebutan yang baik serta lain-lainnya; semuanya itu tercakup di dalam ungkapan mufassirin.

Baca juga:

Doa-Doa Ketika Menghadapi Cuaca Estrem dari Hujan Deras Hingga Petir

Doa dan Adab Ketika Bersin dan Bagi Orang yang Ada di Sekitarnya Menurut Rasulullah SAW

 

Doa dan Dzikir yang Dianjurkan Dibaca di Bulan Rajab oleh Rasulullah SAW

Sedangka kebaikan di akhirat, yang paling tinggi ialah masuk surga dan hal-hal yang berkaitan dengannya, seperti aman dari rasa takut yang amat besar di padang mahsyar, dapat kemudahan dalam hisab, dan lain sebagainya.

Berikut Doa Sapu Jagat yang selalu dipanjatkan Nabi Muhammad SAW: 

{رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ}

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (Al-Baqarah: 201). 

Bacaan doa ini dapat diamalkan setiap selesai sholat fardhu 5 waktu. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS