Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu

Oleh: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Sebagai masyarakat Jawa sudah sepatutnya untuk berbangga diri dengan budaya maupun keilmuan yang ada. Sebab apa yang telah dilakukan oleh masyarakat pada zaman dahulu ada banyak sekali manfaatnya.

Tentunya untuk mendapatkan keilmuan tersebut masyarakat Jawa perlu untuk melakukan tapa atau tirakat, sehingga keilmuan yang tengah dipelajarinya dapat dimiliki sepenuhnya. Di antara banyaknya ajian maupun keilmuan orang Jawa, ada 4 ajian yang paling fenomenal, simak penjelasannya:

Ajian Brajamusti

Ajian Brajamusti merupakan salah satu ajian ilmu kanuragan yang memiliki kekuatan pukulan yang luar biasa. Ajian ini dapat menghancurkan besi maupun baja hanya dengan sekali pukul. Ajian Brajamusti biasanya digunakan oleh orang zaman dahulu untuk melawan musuh saat berperang.

Biasanya, ketika seseorang hendak mendapatkan ajian brajamusti, maka harus melakukan tapa di sebuah gunung, sebab ajian brajamusti merupakan ajian tingkat tinggi yang tidak semua orang dapat memilikinya.

Keris Semar Mesem

Berbeda dengan keris pada umumnya, keris semar mesem berbentuk pendek melebar dan memiliki motif wayang. Keris Semar Mesem merupakan pusaka bertuah yang biasa dimanfaatkan sebagai media pengasihan dan pelet.

Ilmu Kanuragan

Ilmu kanuragan menjadi bagian ilmu orang-orang terdahulu yang dipelajari untuk melindungi diri sendiri maupun orang-orang sekitar. Ilmu kanuragan mencakup beberapa hal, di antaranya kemampuan bertahan atau kebal serangan dan kemampuan untuk menyerang kekuatan yang luar biasa. Satu hal menarik dari ilmu kanuragan, selain dapat melatih kemampuan fisik, ilmu kanuragan juga dapat melatih kemampuan batin dan spiritual.

Ilmu Trawangan

Ilmu trawangan dapat berfungsi untuk menajamkan mata batin, hal yang dapat diperoleh dari ilmu trawangan ini, seseorang dapat melakukan komunikasi terhadap makhluk halus, melihat sesuatu yang akan terjadi di masa depan, menembus alam gaib dan mampu melakukan sesuatu yang lain.[Rul/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS