Hujan Setiap Hari, Pedagang Es Kelapa di Tuban Keluhkan Sepi Pembeli

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Puncak musim penghujan yang terjadi belakangan ini, rupanya membawa dampak pada sebagian ekonomi di Kabupaten Tuban. Terutama pada masyarakat yang setiap harinya berjualan es.

Seperti halnya yang dirasakan oleh pedagang kelapa muda, yang berada di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Pedagan es kelapa muda, Rohman mengaku jika memasuki puncak musim penghujan ini, penjualannya mengalami penurunan lebih dari 50 persen, jika dibandingkan pada saat musim kemarau.

“Musim hujan ini jualan lagi sepi mbak, lagi dingin orang-orang carinya yang hangat. Jadi kalau es gini nggak begitu laku sekarang, beda kalau pas panas,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya, Minggu (29/1/2023).

Jika di musim kemarau ia bisa menghabiskan 45 buah kelapa muda dalam sehari, saat ini pria ramah ini mengaku hanya bisa menghabiskan buah kelapa sebanyak 15 hingga 20 biji. Pasalnya, selain menjual es kelapa muda yang sudah siap minum, ia juga menjual kelapa secara bijian.

Kendati demikian, pria 30 tahun ini memaklumi kondisi yang dialaminya saat ini. Sebab, saat ini memang cuaca di Kabupaten Tuban sedang tidak bersahabat.

Baca juga:

Budi Sulistiyono : Putra Daerah Tuban Siap Majukan Sepakbola

“Kalau musim panas dulu bisa jual sampai 40 buah lebih, tapi sekarang 20 biji saja sudah Alhamdulillah. Tapi memang kalau jualan seperti ini kan musiman, jadi dijalani saja,” sambungnya.

Lebih lanjut, es kelapa muda siap minum yang dijual oleh Rohman, dibandrolnya dengan harga Rp5 ribu per plastik. Sementara satu biji buah kelapa dijual dengan harga Rp12 ribu.

Dengan demikian, maka ia berharap untuk ke depannya usaha yang dirintisnya ini bisa semakin berkembang, maju dan semakin laris lagi. Sehingga  ia dapat membuka cabang es kelapa muda di beberapa tempat.

“jam 10-11 wib biasanya sudah mulai buka, terus tutup jam 2 sore buat istirahat sampai jam 4 baru buka lagi sampai malam. Harapannya semoga jualannya semakin laris dan secepatnya bisa buka cabang,” katanya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS