Jaga Kebugaran Tubuh,  Personil Kodim 0811 Tuban Senam SKJ 88 Bersama

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Seluruh personil dari Kodim 0811 Tuban, baik prajurit maupun PNS mengikuti senam SJK bersama di Lapangan Apel Makodim 0811 Tuban, yang terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. 

Kegiatan ini sendiri, dilakukan guna meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, profesional serta tangguh dalam melaksanakan tugas kewilayahan maupun aktivitas di kantor setiap hari.

Kasdim 0811 Tuban Mayor Czi, Gatot Palwo Edi menjelaskan bahwa kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan pengecekan personil dengan melaksanakan apel pagi. Kemudian dilanjutkan dengan Senam SKJ 88 yang dipandu oleh Sersan Kepala Jefris. 

Menurutnya, senam yang dilakukan tersebut merupakan arahan atau instruksi langsung dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dengan tujuan agar memicu kebugaran tubuh seluruh  Prajurit, yang muaranya akan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya secara maksimal.

"Sebelum senam SKJ kita laksanakan pengecekan personil dahulu," jelasnya,  Selasa (24/1/2023). 

Sementara Sersan Kepala Jefris mengungkapkan, jika senam SKJ 1988 ini memiliki sekitar 25 gerakan yang bervariasi. Mulai dari tahapan pemanasan, gerakan inti hingga pendinginan. Dalam setiap tahapan gerakan yang dilakukan tersebut, maka secara sistematis dapat meningkatkan kesegaran, kebugaran dan menciptakan kesehatan jasmani bagi insan Prajurit.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, seluruh prajurit maupun PNS Kodim yang turut serta terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti senam bersama ini. 

"Seluruh prajurit dan PNS Kodim semangatnya sangat luar biasa," ungkapnya.

Senada, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin yang turut hadir, juga mengatakan bahwa senam SKJ 88 ini sebagai pelopor bagi masyarakat muda maupun Lansia di Negara Indonesia, agar tubuh tetap sehat dan juga bugar. 

Pasalnya, manfaat dari senam SKJ ini salah satunya yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Agar badan tetap fit dan bergerak lebih aktif. 

“Hari ini Prajurit Kodim 0811 Tuban sudah mulai kita galakan untuk mengimplementasikan Senam SKJ 88, karenagerakkannya memang terkesan sederhana, namun dapat membantu membakar kalori," sambungnya. 

Lebih lanjut, ia juga menambahkan jika rangkaian olahraga ini dapat dilakukan secara teratur dan terukur, maka sangat baik dalam meningkatkan jantung, paru-paru, serta merilekskan otot-otot tubuh yang tegang agar kembali bugar. 

“Kesegaran Jasmani merupakan Kunci kesehatan dan ketahanan tubuh. Makin tinggi tingkat kesegaran Jasmani seseorang, maka semakin bagus pula kemampuan kerja fisiknya dan tidak akan mudah terjangkit berbagi penyakit," imbuhnya.

Dengan seluruh manfaat yang diperoleh tubuh dari senam ini, maka ia mengaku akan mengkampanyekan kepada masyarakat agar mulai mengaplikasikan kembali Senam SKJ 88 tersebut, baik di lingkungan sekolah, perkantoran ataupun di permukiman warga. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS