Banjir Job di Tahun Baru Imlek, Grup Barongsai Putra Ronggolawe Tuban Genjot Latihan

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh pada 22 Januari 2023 menjadi berkah tersendiri bagi grup barongsai Putra Ronggolawe yang berada di Dusun Penembusan, Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Suasana ramai musik barongsai akan meramaikan sore masyarakat Dusun Penembusan, grup barongsai yang terdiri dari puluhan personel melakukan latihan guna menyiapkan diri sebab banyak permintaan pentas kesenian barongsai menjelang imlek.

Menurut Supoyo (38) ketua grup barongsai Putra Ronggolawe mengatakan bahwa latihan ini semakin sering dengan menambah jam latihan menjadi 2 kali dalam satu minggu, guna meningkatkan performa saat atraksi.

“Latihan agar meningkatkan stamina biar tidak loyo dan keram,” ujar Supoyo kepada blokTuban.com, Sabtu (21/01/2023).

Dengan adanya momen hari Imlek saat ini grup barongsai yang sudah berdiri sejak 1997 ini sudah mengantri 5 hingga 10 pekerjaan, yang berada di berbagai wilayah yang ada di sekitar Kabupaten Tuban.

Supoyo menambahkan bahwa selain faktor tahun baru Imlek hilangnya pandemi di Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan mulai banyaknya permintaan perform, dikarenakan sudah mulai longgarnya mengadakan sebuah kegiatan.

“Kami di tahun 2021 tidak pentas sama sekali karena covid, di tahun 2022 kami tampil sebanyak 25 kali di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, khitan dan lain lain,” ujarnya.

Sedangkan Amirudin salah satu pemain muda di grup barongsai ini mengatakan bahwa salah satu kesulitan dalam bermain barongsai ialah pada menjaga keseimbangan karena jika sampai kalah perkiraan dan keseimbangan dapat berakibat fatal.

“Kesulitan pada keseimbangan, saat kita tidak seimbang bisa cidera,” tambahnya.

Amiruddin sendiri sudah mengikuti latihan barongsai dengan grup Putra ronggolawe selama 5 tahun. Sampai saat ini tim yang dipimpin Supoyo sudah pentas ke berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur dan penampilan terjauhnya adalah di Kabupaten Tulungagung selama 3 hari.

Apabila hendak memeriahkan acara dengan kesenian khas Negara Tiongkok ini bisa datang langsung ke sanggar grup barongsai Putra Ronggolawe atau menghubungi whatsapp Supoyo di nomor 085648204901.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS