Resep Roti Maryam 1 Butir Telur, Disimpan Dalam Frozen Tahan Berbulan-bulan

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Roti maryam bagi orang Arab menjadi bagian dari kudapan sehari-hari. Roti berbentuk pipih ini biasanya dimakan dengan pendamping tergantung selera.

Di beberapa tempat roti maryam memiliki sebutan lain, seperti di Indonesia disebut canai, di Malaysia dan Singapura disebut prata, di Myanmar disebut palata, di China dikenal dengan Yin Du Jiang Bing yang artinya biskuit panggang India, sedangkan di Eropa dikenal sebagai Flying Bread atau roti terbang.

Resep membuat roti maryam hari ini banyak beredar di situs online. Namun bagi Anda yang menyukai roti canai atau maryam dengan sedikit telur bisa menjajal resep berikut ini.

Roti maryam irit telur, yang hanya memakai 1 butir tapi untuk rasa dan tekstur sama enak, empuk dan gurih. Sekali membuat ini bisa disimpan atau distok dalam freezer tahan berbulan-bulan.

Bahan-bahan:

- 225 cc air hangat kuku

- 1 sdm susu bubuk (atau 1 sachet kental manis)

- 1 sdt garam

- 1 butir telur

- 100 cc minyak goreng

- 500 gr terigu protein sedang

- Secukupnya margarin/ butter (sekitar 250 gram)

 

Cara membuat:

1) Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng, telur, kental manis aduk dengan garpu/ whisker asal rata aja.

2) Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai benar2 kalis. 

3) Siapkan alas anti lengket/ loyang yang sudah diolesi dengan minyak tipis-tipis. 

4)Bagi adonan sama rata (ukuran standar jadi 12 buah). 

5) Tata di loyang atau alas anti lengket. Oles permukaannya dengan minyak goreng agar tidak kering. 

6) Setelah itu tutup adonan dengan plastik atau lap basah. Diamkan adonan selama 1 jam.

7) Setelah 1 jam, tipiskan adonan (cukup ditekan-tekan dengan tangan karena adonan lentur) di meja yg sudah dikasih minyak goreng agar tidak lengket. 

8) Olesi rata dengan margarin, kemudian gulung pelan-pelan.

9) Sebelum digulung melingkar, adonan yang panjang tadi ditarik perlahan agar tidak putus. Gulung melingkar dari arah yang berlawanan. Kemudian ketika sudah ditengah adonan ditumpuk. 

10) Letakkan adonan diatas sepotong kertas roti (tujuan agar nanti mudah ketika akan dipindah ke teflon). Jangan lupa adonan di pipihkan ya.

11) Lakukan hingga semua adonan habis. Lumuri atas adonan dengan sedikit minyak lalu tutup adonan dan diamkan kembali selama 1 jam (agar adonan lentur dan mudah saat dipipihkan).

12 Setelah didiamkan, pipihkan adonan diatas kertas nasi (agar mudah saat dipindahkan ke teflon). Panggang di atas teflon dengan api sangat kecil hingga roti kuning keemasan di kedua sisi. 

 

Apabila ingin disimpan didalam freezer cukup dipanggang sebentar saja asal kuning lalu angkat. Lalu jika ingin dihidangkan tinggal dipanggang lagi hingga kecoklatan.

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS