10 Destinasi Wisata di Tuban yang Paling Banyak dikunjungi Selama Setahun

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com -  Kabupaten Tuban merupakan  salah satu daerah yang memiliki banyak potensi, selain potensi  ikan yang melimpah, Tuban juga memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari Wisata Religi, pantai, goa, hingga berbagai wahana permainan. Berbagai potensi ini, membuat banyak wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Tuban. Bahkan, sepanjang Tahun 2022 lalu, sebanyak 5.403.804 orang telah berkunjung ke Bumi Ronggolawe ini.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Siti Umi Hanik  Mengungkapkan jika pihaknya telah merangkum 10 destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi selama Tahun 2022 ini.

“Makam Sunan Bonang berada diurutan pertama kunjungan terbanyak tahun 2022, yaitu sebanyak 2.296.033 kunjungan, dan yang kedua adalah Makam Asmoroqondi dengan kunjungan 2.108.910 orang,” paparnya kepada blokTuban, Rabu (11/1/2023).

Selain kedua tempat itu, lokasi ketiga yang banyak dikunjungi oleh wisatawan ialah Pantai Kelapa yang berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang. Kemudian disusul oleh Wisata Pantai Cemara yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

Selanjutnya adalah Wisata Air Terjun Ngelirip yang dikunjugi oleh 106.590 wisatawan, sebanyak 89.947 orang telah berkunjung ke Pemandian Nganget dan Pantai Boom telah dikunjungi oleh 79.377 orang.

“Selama 2022 Pantai Kelapa sudah dikunjungi oleh 168.453 orang, dan Pantai Cemara dikunjungi sebanyak 110.530 pengunjung,” sambungnya.

Sementara Wisata Religi Makam Bejagung Lor, berada diurutan kedelapan  dengan jumlah kunjungan sebanyak 67.484. Selain  itu, Wisata Kali Pelang menjadi destinasi wisata terfavorite ke-9, dengan total  kunjungan sebanyak 58.508  wisatawan.

“Diurutan ke-10 ada Wisata Agron Park  Klumpit  di Kecamatan Soko,  dengan kunjungan 48.053 orang,” sambungnya. 

Lebih lanjut,  dengan meningkatnya kunjungan pada Tahun  2022 lalu,  maka Umi  sapaann akrabnya,  berharap  agar potensi wisata di Kabupaten Tuban terus meningkat, dari tahun ke tahun.  Sehingga ekonomi masyarakat juga dapat meningkat.

“Harapannya terus meningkat,  karena wisata saat ini berpotensi menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Untuk healing dari kejenuhan atas aktivitas rutin keseharian,” katanya.  [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS