Kepala Ikan Manyung Bikin Kejari Tuban Jatuh Cinta dengan Bumi Wali

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Iwan Catur Karyawan sosok bersahaja yang menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Tuban yang baru. Ia menggantikan Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Suhendri sejak tiga bulan lalu tepatnya pada bulan September 2022 kemarin.

Kesan pertama yang Iwan Catur Karyawan rasakan saat pertama kali bertugas di Kabupaten Tuban, dibandingkan di tempat ia bertugas dulu di Kejaksaan Negeri Barito Utara yaitu penduduknya lebih beragam.

“Disini penduduknya ramai, ramah dan memiliki jiwa toleransi tinggi, serta berbagai suku ada di Tuban. Kalau dulu saat bertugas di Kejaksaan Negeri Barito Utara masih didominasi oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya suku dayak,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Tuban Iwan Catur Karyawan kepada reporter blokTuban.com, Senin (9/01/2022).

Tak hanya itu ia memuji kebiasaan orang Tuban, ketika ada suatu masalah selalu mengedepankan musyawarah tidak menggunakan emosi semata.

Pria yang sedari kecil hingga duduk di bangku SMA tinggal di Palembang ini, sebelumnya tak pernah bercita-cita untuk masuk kejaksaan. Akan tetapi setelah ia lulus kuliah di Universitas Jambi Fakultas Hukum terdapat kesempatan untuk masuk di kejaksaan dan mencoba untuk masuk, hasilnya ia lolos dalam penerimaan tersebut.

Anak dari pensiunan guru SD ini Sebelum bertugas di Kabupaten Barito Utara ia juga bertugas di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara tepatnya di kota Manado. Selain itu mengatakan bahwa karirnya lama di bidang tindak pidana khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

“Karir saya lama di gedung bundar, saya disana selama 10 tahun,” tambahnya.

Saat ini, bertugas di Kabupaten Tuban pria kelahiran 1972 ini mengaku tak butuh waktu lama untuk beradaptasi termasuk makanannya. Ia menyukai beberapa olahan khas Tuban yang pedas seperti olahan kepala ikan manyung serta becek mentok.

"Ikan manyung is the best, baru saya temui di Kabupaten Tuban, sebelumnya saya belum pernah menemukan ikan manyung di kota lain," tutupnya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS