Doa Supaya Dipermudah Wawancara Kerja, Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Wawancara kerja tentu menjadi momen penting seseorang  yang mengajukan lamaran pada suatu bidang pekerjaan. Terlebih apabila wawancara tersebut baru pertama kali dilakukan.

Dalam situasi seperti ini, alih-alih merasa gugup, seorang disarankan untuk tetap tenang dan memupuk rasa percaya diri untuk memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja.

Untuk lebih menunjang keberhasilan dalam melamar wawancara kerja, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa untuk mengatasi rasa gugup seperti yang diamalkan Nabi Musa alaihissalam. 

Dikutip dari The Islamic Information, adapun doa yang bisa diamalkan adalah seperti yang dijelaskan dalam Alquran surat Thaha, ayat 25-28. Berikut bacaan dan artinya:

قَالَ رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Qoola Robbisyro Lii Sodrii. Wa Yassirlii Amrii. Wahlul Uqdatam mil Lisaanii. Yafqohu Qoulii.

Artinya: Berkata Musa, "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku. Supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thaha ayat 25-28).

Menurut Syekh As Saadi dalam Taisir Al Karimir Rahman, maksud dari “melapangkan” dalam ayat tersebut adalah agar ucapan dan perbuatan kita tidak boleh menyakiti. Dan hati kami tidak tercemar dan tidak menyempit. Karena kalau hati sudah sempit, sulit bagi orang yang berhati itu untuk memberikan hidayah (petunjuk ilmu) kepada lawan bicara kita.

Sedangkan, “mudahkan urusanku” artinya membuat segala urusan menjadi mudah. Setiap hal atau jalan yang kita tempuh mampu membimbing harapan kita dan menjadikan segala kesulitan menjadi mudah.

Selain doa Musa alaihissalam di atas, pelamar juga dapat mengusahakan wudhu dan sholat sunnah sebelum menghadapi wawancara.  

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS