5 Olahan Sagu di Sendang Silowo Tuban Belum Banyak yang Coba, Salah Satunya Bubur Sagu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Saat berkunjung ke Wisata Sendang Silowo, yang berada di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Ada makanan khas di desa setempat yang wajib untuk dicicipi, yaitu bubur sagu. 

Makanan berbahan utama tepung sagu, yang dipetik Langsung dari perkebunan sagu setempat. Seorang pedagang aneka olahan sagu di tempat itu, Ika Yuliana mengungkapkan jika bubur sagu ini memiliki banyak manfaat. Seperti halnya mengatasi penyakit lambung, kolesterol hingga menjaga kesehatan tulang dan sendi. 

"Olahan dari tepung sagu ini memiliki banyak khasiat, seperti mengobati lambung dan kolesterol," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di sekitar lokasi wisata, Minggu (8/1/2023). 

Selain menjual bubur sagu, perempuan ramah ini juga menjual tepung sagu dan beberapa olahan lainnya. Diantaranya yaitu pentol sagu dan juga kerupuk sagu. 

Baca juga:

Pesona Wisata Rumpun Bambu Tuban, Padukan Sumber Air dan Pegunungan Kapur

Menurutnya, ide dalam pembuatan berbagai olahan sagu ini didapat karena melihat potensi dari banyaknya pohon sagu di lingkungan sekitarnya. Akhirnya, ia memutuskan untuk memanfaatkan keberadaannua dengan membuat aneka olahan sagu. 

"Ini olahan dari sagu, jadi banyak pohon sagu di wisata ini, jadi kita manfaatkan tanaman sagu ini menjadi berbagai macam produk. Kita buat menjadi bubur sagu, pentol sagu, krupuk sagu, dawet sagu, dan kita juga jual tepungnya," terangnya. 

Di samping itu, Ika, sapaan akrabnya juga menambahkan agar khasiat dari produknya tidak terkurangi, maka ia tidak menggunakan santan pada bubur sagu buatannya. Sebagai gantinya, maka perempuan berusia 32 tahun ini menggunakan campuan biji kacang kedelai dan kacang hijau, sebagai bahan membuat santan.

Lebih lanjut, untuk dapat menikmati kegurihan dari bubur sagu milik Ika, pembeli cukup membayar sebesar Rp5 ribu saja per porsi. Sementara untuk hasil produk-produknya yang lain, dibandrol dengan harga Rp3 ribu hingga Rp10 ribu per porsi. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS