Sudah Diberi Penerangan, Lantas Polres Tuban Imbau Tetap Hati-hati Lewat Ringroad

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) 202, di Kabupaten Tuban melonjak. Peningkatan tersebut salah satunya disebabkan oleh sarana yang kurang memadai yang ada di Kabupaten Tuban. Termasuk yang ada di jalan ringroad Kecamatan Semanding, Tuban.

Kecamatan Semanding menduduki peringkat pertama, dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi dibandingkan kecamatan lain. Salah satu jalur yang menjadi perhatian khusus yaitu ringroad.

Menurut Kasatlantas Polres Tuban, AKP Arum Inambala memandang jalan ringroad sebenarnya masih belum layak untuk dilintasi oleh kendaraan roda dua mobil roda empat. Alasannya masih banyak infrastruktur lalu lintas yang belum dipasang.

“Kalau dari kacamata lalu lintas, jalan ringroad sebenarnya belum layak untuk dilewati akan tetapi untuk bilang apakah ini memang layak atau tidak kan harus ada orang yang berkompeten di bidangnya,” ujar Kasatlantas kepada blokTuban.com, Jumat (6/01/2022).

Baca juga:

Rawan Kecelakaan, Sebanyak 84 Lampu PJU Terpasang di Ringroad Tuban Selama 2022

Belum layaknya ringroad, lanjutnya karena sebelumnya masih belum adanya penerangan jalan umum (PJU) dan rambu-rambu lalu lintas di jalan tersebut. Pihaknya bersyukur, karena di ahir 2022, PJU sudah dipenuhi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban.

“Alhamdulillah satu minggu kemarin jalan sudah dipasangi PJU karena yang paling penting adalah PJU,” tambahnya.

Untuk saat ini, Arum sapaan akrabnya mengatakan bahwa selagi PJU sudah bisa dipenuhi, jalan tersebut sudah bisa digunakan. Untuk mengatakan layak atau tidak layak, nantinya akan ada yang lebih berkompeten untuk mengatakan hal itu.

Disinggung soal mobil besar yang masih lewat jalur ringroad, Arum menambahkan bahwa mobil besar yang melewati jalan tersebut dikarenakan adanya kepadatan di dalam kota, karena ringroad sebagai jalur alternatif.

“Dilewatkan ringroad karena adanya kepadatan di kota, mau tidak mau jadinya dilewatkan ringroad,” tambahnya.

Ringroad sebagai jalur alternatif Tuban, Kasat Lantas Polres Tuban juga tak menyarankan jika hendak melintasi jalur ringroad pada malam hari, akan tetapi selama ini belum adanya upaya penutupan jalan ringroad oleh instansi manapun. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS