Jadi Buruan Wisatawan, Harga Buah Siwalan di Tuban Naik

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada saat berkunjung ke suatu tempat, salah satu hal yang paling diburu oleh masyatakat ialah makanan atau minuman yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut, untuk dijadikan oleh-oleh.

Di Kabupaten Tuban sendiri, ada banyak makanan ataupun minuman yang dapat menjadi oleh-oleh khas Tuban. Salah satunya ialah siwalan atau yang biasa disebut dengan ental. Minggu (1/1/2022).

Menurut salah seorang pedagang siwalan, yang berada di Jalan Pantura, Manunggal Selatan, Marfuah jika pada musim libur sekolah sekaligus libur pergantian tahun ini, banyak wisatawan yang berburu siwalan untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah.

Baca juga:

Penyuka Terasi dan Petis Ikan Enak Wajib Mampir di Kampung Pesisir Tuban

“Penjualan selama liburan ini Alhamdulillah meningkat mbak, banyak orang dari luar yang mampir untuk beli buat oleh-oleh,” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya.

Kendati demikian, perempuan ramah ini mengungkapkan bahwa saat ini harga siwalan di Kabupaten Tuban sedang melonjak. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya permintaan dari para pembeli.

Disamping itu, pada musim penghujan seperti saat ini, buah siwalan tidak begitu berbuah atau tidak musim. Sehingga stoknya menjadi lebih sedikit dibandingkan biasanya.

“Harganya sekarang mahal mbak dari sananya, mungkin karena banyak yang cari, pokonya kalau tahun baru sama lebaran harganya naik dari sananya,” jelasnya.

Lebih lanjut, jika biasanya empat bungkus buah siwalan dibandrol dengan harga Rp20 ribu. Saat ini harga satu bungkus buah siwalan menjadi Rp8 ribu. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS